Sabtu , 16 Februari 2019
Home / Metropolis / Wapres Datang, Bisa Majukan Perekonomian

Wapres Datang, Bisa Majukan Perekonomian

BENGKULU – Kedatangan Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla ke Bumi Rafflesia pada acara Pembukaan Tanwir Muhammadiyah (15-17/2) nanti menimbulkan secercah harapan bagi Provinsi Bengkulu. Gubernur Bengkulu, Dr. Rohidin Mersyah, MMA mengatakan, Wapres bisa melihat perkembangan kondisi pembangunan di Bengkulu.

Sehingga selaku wakil kepala negara, Wapres bisa melihat tindakan apa atau program apa yang bisa membuka perekonomian Bengkulu. Sehingga ada program-program pembangunan yang akan didistribusikan oleh pemerintah pusat ke Bengkulu.

“Selama ini  memang ada beberapa kegiatan strategis infrastruktur yang kita gagas. Mudah-mudahan dengan melalui kunjungan beliau. Apa yang kita harapkan bisa didorong oleh beliau supaya terealisasi,” kata Rohidin.

Seperti optimalisasi pengembangan pelabuhan Pulau Baai, kemudian pengembangan bandara Fatmawati Soekarno, realisasi pembangunan rel kereta, pelepasan kawasan kampung nelayan dan lainnya. Pembangunan di kawasan Pelabuhan Pulau Baai ini yang akan menggerakkan perekonomian Bengkulu. “Ini yang sudah kita awali. Mudah-mudahan bisa didorong untuk bisa terealisasi secepatnya,” terangnya.

Saat ini dijelaskan oleh Gubernur untuk pelepasan kampung nelayan, masih menunggu keputusan dari PT Pelindo. Sejauh ini pengelolaannya tidak ada persoalan. Pengukuran lahan sudah dilakukan. Bahkan Sertifikat sudah siap dikeluarkan sebanyak 400 lebih persil oleh BPN. “Sepanjang pihak pelindo harus membuat surat pernyataan pelepasan aset ini akan jalan,” terangnya.

Termasuk juga pembuatan kawasan ekonomi khusus (KEK) di kawasan pelabuhan Pulau Baai. PT Pelindo selaku pemarkarsa KEK harus melakukan pernyataan kelayakan, kesiapan kesanggupan untuk 30 persen menyediakan investasi. “Sekarang mereka sedang melakukan riset dan memang itu butuh waktu,” terangnya.

Kunjungan Wapres ini juga diharapkan bisa mendoron progres pengembangan Institut Agama Islam Negeri  (IAIN) menjadi universitas. Sebab ini sangat penting, akan berpengaruh pada jumlah program fakultas dan program studi yang dibuka. Tentunya akan menambah kapasitas mahasiswa yang bisa menimba ilmu di kampus ini setiap tahunnya. Sehingga secara tidak langsung akan menggerakkan ekonomi Bengkulu. “Ini penting sekali,” kata Gubernur.

Dia berharap kedatangan wapres ini bisa menambah semarak pelaksanaan dan suksesnya tanwir. Penyelenggaraan tanwir Muhammadiyah di Bengkulu memberikan hikmah untuk kemajuan umat Islam di Indonesia.  “Ini akan sangat penuh makna ketika Wapres hadir dan membuka langsung, nilai spiritnya lebih baik,” tutupnya.(del)

Berita Lainnya

Presiden Percepat Pembangunan

BENGKULU – Gubernur Bengkulu, Dr. Rohidin Mersyah, MM berhasil meyakinkan Presiden RI Ir. Joko Widodo ...

error: Content is protected !!