Sabtu , 20 April 2019
Home / Daerah / Lebong / Warga Diminta Aktif Gotong Royong

Warga Diminta Aktif Gotong Royong

RAWAN: Kondisi drainase di depan Lapangan Hatta, Desa Kampung Muara Aman, Kecamatan Lebong Utara yang tertimbun tanah sangat rentan memicu banjir ketika turun hujan.

PELABAI – Guna mengantisipasi bencana banjir yang lebih ekstrem, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong meminta seluruh lapisan masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dengan aktif bergotong royong. Penjabat Sekretaris Kabupaten (sekkab) Lebong, Drs. Dalmuji Suranto telah memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengeluarkan edaran tentang antisipasi bencana banjir di Kabupaten Lebong.

‘’Cuaca ekstrem belakangan harus disikapi serius BPBD agar tidak terjadi bencana. Dengan tindakan antisipasi berupa edaran menjaga kebersihan lingkungan, mudah-mudahan tidak sampai menimbulkan korban luka maupun jiwa kalaupun bencana banjir tidak terelak,’’ kata Dalmuji.

Diakuinya, perintah mengaktifkan gotong royong hingga ke aparatur terendah sesuai arahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar pemerintah daerah sigap mengantisipasi bencana. Dimana dengan bergotong royong membersihkan lingkungan, khususnya parit dan saluran air, diharap tidak terjadi penyumbatan ketika volume air meningkat.

‘’Saya minta perangkat desa dan kelurahan harus proaktif melaporkan titik-titik rawan bencana ke Pemkab Lebong agar bisa segera ditindaklanjuti oleh Pemkab Lebong melalui Satlak (satuan pelaksana) penanggulangan bencana,’’ tukas Dalmuji.

Seluruh camat, lurah dan kepala desa dimintanya segera menginventarisir tingkat kerusakan akibat bencana banjir dan longsor yang melanda Lebong Selasa (5/2) dan Rabu (6/2). Seluruh kerusakan akibat bencana dipastikan Dalmuji akan ditindaklanjuti. Tentunya sesuai kewenangan tingkatan aparatur pemerintah. Baik pihak kecamatan, kabupaten, provinsi akan membuat laporan kerusakan akibat bencana itu hingga ke tingkat nasional.

‘’Masalah keterbatasan anggaran, sesuai arahan Pak Bupati jangan dijadikan alasan.  Walaupun itu kendala, Pemkab Lebong tetap harus cekatan dalam menangani bencana sehingga masyarakat merasakan kehadiran pemerintah ketika terjadi bencana,’’ tutup Dalmuji. (sca)

 

Berita Lainnya

Dalmuji, Eddy dan Mustarani Bersaing

PELABAI – Kabar soal Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara, Mustarani Abidin, SH, M.Si calon ...

error: Content is protected !!