Selasa , 25 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Tak Kunjung Diperbaiki, Jalan Lintas Barat Terbengkalai

Tak Kunjung Diperbaiki, Jalan Lintas Barat Terbengkalai

TIMBUN : Pemda Bengkulu Utara melakukan penimbunan jalan lintas barat. Saat ini jalan tersebut menjadi tidak bertuan pasca dilepaskan statusnya sebagai jalan nasional. (foto : shandy/rb) 

ARGA MAKMUR – Pembangunan Jalan Lintas Barat (Jalinbar) akibat kerusakan maupun jalan abrasi yang memutuskan seluruh badan jalan di Desa Urai Ketahun sepertinya tidak akan teralisasi. Pasalnya, sampai kini tidak jelas siapa yang berkewajiban mengelola dan memperbaiki jalinbar sepanjang Batik Nau – Ketahun tersebut.

Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bengkulu Utara Heru Susanto, ST menerangkan jika mereka sudah melaporkan kondisi jalan tersebut ke Kementerian PUPR.  Namun nyatanya jalan tersebut sudah dilepaskan dari jalan nasional.  Sedangkan jalan Batik Nau – Ketahun melalui jalur PTPN diambil alih menjadi jalan nasional.

“Jadi sekarang jalan itu bukan jalan nasional lagi, sedangkan Pemda Provinsi belum menerbitkan SK bahwa jalan tersebut jalan Provinsi. Jadi jalan itu seperti jalan tak bertuan,” terangnya.

Pemda Kabupaten Bengkulu Utara juga tidak mungkin menganggarkan pembangunan atau perbaikan jalinbar. Pasalnya jalan yang turun status dari jalan nasional menjadi jalan Provinsi dan bukan jalan lintas antar kecamatan yang menjadi kewajiban kabupaten.  “Kalau menganggarkan khusus dalam APBD jelas kita tidak bisa. Apalagi memang kerusakan jalan hampir menyeluruh,” kata Heru.

Pemda Kabupaten Bengkulu Utara sementara ini hanya bisa menanggulangi titik-titik yang bisa ditanggulangi dengan penimbunan dan bekerjasama dengan pengusaha sekitar. Pemda Kabupaten sudah melakukan penimbunan dan pemadatan dengan alat berat di beberapa titik yang rusak parah.

“Namun untuk menganggarkan jelas tidak bisa. Beberapa titik sudah kita tambal dan padatkan bekerjasama dengan pengusaha material. Tujuannya hanya penanggulangan sementara memang,” terangnya.

Ia berharap segera ada kejelasan mengenai status jalan sehingga bisa dianggarkan perbaikannya. Saat ini seluruh kendaraan melintasi jalan nasional Batik Nau – Ketahun via PTPN. Jika jalinbar tidak diperbaiki, bukan tak mungkin jalan nasional tersebut juga akan menyusul rusak. (qia)

Berita Lainnya

Rusli Bertahan Maju Pilwagub

BENGKULU – Tahapan Pemilihan Wakil Gubernur (Pilwagub) mandeg di parpol pengusung. Dua nama Calon Wakil ...

error: Content is protected !!