Rabu , 23 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / 28 Titik Parkir, Target PAD Rp 40 Juta

28 Titik Parkir, Target PAD Rp 40 Juta

BENTENG – Sebanyak 12 tambahan titik parkir baru di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), mulai diterapkan untuk penagihan retribusinya. Sekretaris Dinas Perhubungan, Zainal Abidin, S.Sos menjelaskan untuk retribusi tersebut tentunya menjadi bahan untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Parkir menjadi salah satu sumber PAD,” terangnya, kemarin (10/2).

Dijelaskannya, tahun lalu ada 16 titik parkir yang dikelola. Sudah mampu menghasilkan PAD mencapai Rp 25 juta. Dengan adanya penambahan titik parkir dari pasar, total ada 28 titik maka target juga akan meningkat. “Yakni di atas Rp 40 juta,” katanya.

Beberapa titik pasar yang sudah mulai diterapkan titik parkirnya antara lain Pasar Taba Lagan, Pasar Karang Tinggi, Pasar Taba Penanjung, dan Pasar Talang Pauh. Selama ini pengelolaan retribusi parkirnya masih oleh pemerintahan desa dengan menunjuk orang kepercayaan.

Agar tidak menimbulkan masalah, hal tersebut tetap akan dipertahankan dengan sistem kelolanya. Hanya saja, tinggal pembagian untuk pihak pengelola dan Dinas Perhubungan Benteng. Setiap pengelolaan titik parkir meskipun oleh pihak pemerintah desa, Dinas Perhubungan akan tetap mengeluarkan SPT parkir.

“Mengenai penunjukan petugas pemungutan di lapangan, hal tersebut disesuaikan dengan kondisi atau petunjuk dari pihak pemegang SPT parker,” jelasnya.

Sementara itu, Kades Taba Lagan, Oto Komri mengaku siap bekerja sama untuk mengelola titik parkir. Selama ini, retribusi parkir masih sebatas pengelolaan untuk Pendapatan Asli Desa (PADes). “Kami siap mendukung pemerintah untuk peningkatan PAD dari retribusi parkir,” demikian Komri. (vla)

Berita Lainnya

Badan Anggaran Dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Mulai Bahas Kebijakan Umum Anggaran- Prioritas Plafon Anggaran Sementara

BENTENG – Badan Anggaran DPRD Benteng dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah, Selasa (22/10) mulai membahas ...

error: Content is protected !!