Rabu , 22 Mei 2019
Home / Metropolis / Alih Fungsi Terminal Air Sebakul Ditagih

Alih Fungsi Terminal Air Sebakul Ditagih

TERBENGKALAI: Kondisi kantor Sub Terminal Agribisnis Kota Bengkulu di Jalan Raya Air Sebakul terbengkalai dan dipenuhi ilalang.

BENGKULU – Janji Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu dari tahun 2012 lalu yang akan bekerja sama dengan Pemprov Bengkulu untuk memfungsikan Terminal Air Sebakul Agribisnis yang terlantar, tak kunjung terealisasi. Hal ini terus ditagih sejumlah anggota DPRD Kota Bengkulu.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Bengkulu, Hamsi, A.Md mengatakan, rencana alih fungsi Terminal Air Sebakul menjadi terminal angkut barang terbukti hanya sekadar isapan jempol belaka. Pasalnya dari wacana yang pernah dilontarkan Pemkot sebelumnyai tak kunjung terbukti.

“Rencana itu sekadar omongan saja. Sebab sampai saat ini, kita lihat belum ada terealisasi sama sekali. Padahal Pemkot dan Pemprov juga sudah pernah mengadakan pertemuan, namun tidak ada tindaklanjutnya sampai saat ini seperti apa,” ujar Hamsi.

Terminal induk Air Sebakul Bengkulu dibangun sekitar tahun 1990-an dan sempat berfungsi beberapa tahun, setelah itu tidak difungsikan hingga sekarang. Kondisinya sangat miris, beberapa laporan warga sekitar terminal tersebut sering dijadikan tempat maksiat dan mabuk para pemuda.

“Jadi bila difungsikan terminal itu dengan benar, setidaknya bisa menghasilkan PAD buat daerah kita. Karena lokasi terminal itu strategis, misalnya jika ada barang masuk dari luar kota nantinya bongkar muat barang bisa berjalan tertib,” tambahnya.

Selain itu menurut Hamsi, bongkar muat barang yang selama ini terjadi sangat tidak beraturan. Misalnya sudah bertahun-tahun bongkar muat yang ada di kawasan Kelurahan Tengah Padang, Kelurahan Kebun Ros selalu menjadi keluhan warga. Pasalnya akibat bongkar muat, jalanan warga sekitar sering hancur. Lantaran keluar masuknya kendaraan truk yang masuk di jalan warga sekitar.

“Jalan satu-satunya kita harus memiliki terminal khusus untuk bongkar muat barang. Supaya tidak ada lagi keluhan warga tentang jalanan rusak dan sebagainya. Karena sering masuknya truk angkut barang yang bermuatan besar. Kita berharap Pemda Kota bersama Pemda Provinsi harus serius dalam menjadikan fungsikan Terminal Air Sebakul,” jelasnya.

Sementara terkait hal itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota, Drs. Bardin belum bisa dikonfirmasi. Dihubungi beberapa kali  ponsel pribadinya tidak aktif. (new)

Berita Lainnya

Kakanwil Pertahanan Ingatkan Tingkatkan Nasionalisme untuk Keutuhan NKRI

BENGKULU – Selasa (21/5) siang, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan RI, Kolonel Inf. Sarjono didampingi ...

error: Content is protected !!