Kamis , 21 Februari 2019
Home / Pemilu / Data Pemilih Gangguan Jiwa

Data Pemilih Gangguan Jiwa

Ketua KPU Benteng, Drs. Brotoseno.

BENTENG – KPU Bengkulu Tengah (Benteng) akan mendata dan memantau langsung pemilih yang masuk dalam kategori gangguan jiwa atau gila. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi sebenarnya dari kejiwaan pemilih bersangkutan.

“Kalau memang hilang ingatan tidak akan bisa memilih,” terang Ketua KPU Benteng, Drs. Brotoseno.

Dijelaskan Brotoseno, ada kategori gangguan jiwa yang pada dasarnya masih memiliki kesadaran sehingga bisa mencoblos. Karena itu warga yang gangguan jiwa akan dipantau, apakah bisa menjadi pemilih tetap atau tidak. Jika saat pemantauan langsung warga bersangkutan masih bisa melakukan komunikasi dengan lancar, maka hal itu bisa dipertimbangkan untuk masuk dalam daftar pemilih.

Menurut Brotoseno, perlu diketahui masyarakat bahwa ada kategori khusus untuk pemilih yang sebelumnya mengidap gangguan jiwa, namun sudah bisa disembuhkan. Salah satu syaratnya ada bukti bahwa yang bersangkutan sudah kembali normal atau sembuh total.

Sebaliknya, jika memang tidak bisa berkomunikasi lancar atau tidak nyambung saat bicara, bahkan tidak mengenali orang lain termasuk dirinya sendiri, tambah Brotoseno, maka tidak akan masuk dalam daftar pemilih.

Dijelaskannya, KPU juga akan berkoordinasi juga pemerintahan tingkat desa, untuk meminta data jika ada warga yang mengalami gangguan kejiwaan dan akan langsung dicek ke tempat tinggalnya. “Intinya yang masih memiliki kesadaran dan bisa mengenali diri sendiri dan orang lain,” ujarnya.(vla)

Berita Lainnya

Biaya Operasional Relasi Rp 1 Juta

KEPAHIANG – Sebanyak 55 orang Relawan Demokrasi (Relasi) di Kabupaten Kepahiang akan mendapatkan bantuan operasional ...

error: Content is protected !!