Kamis , 27 Juni 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Isu Mutasi Semakin Kencang

Isu Mutasi Semakin Kencang

KEPAHIANG – Isu terkait mutasi jabatan eselon II, III, dan IV di lingkungan Pemkab Kepahiang, semakin hari semakin santer. Bahkan beberapa pejabat eselon II yang mengepalai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun kabarnya akan dilakukan evaluasi besar-besaran. Hal ini mengingat hasil evaluasi kinerja selama tahun 2018 lalu menunjukkan hasil yang kurang memuaskan terhadap pembangunan daerah.

Data terhimpun RB, beberapa OPD saat ini santer terdengar akan dievaluasi diantaranya, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, serta Unit Layanan Pengadaan. Selain itu juga akan ada evaluasi jabatan terhadap OPD yang selama ini dikepalai oleh pejabat pelaksana tugas (Plt) seperti RSUD Kepahiang, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perikanan, Camat Merigi, Badan Keuangan Daerah (BKD) dan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A).

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM ketika dikonfirmasi mengenai kabar ini, tidak menampik bahwa saat ini pihaknya sedang menggodok rencana mutasi jabatan di lingkungan Pemkab Kepahiang. Untuk jabatan eselon II, sambung Bupati, wajib mengikuti lelang jabatan.

Sementara pejabat yang saat ini tengah menduduki jabatannya akan mengikuti fit and propertest atau uji kelayakan dalam jabatan itu sendiri. Sedangkan untuk pejabat eselon III dan IV, tim baperjakat yang akan menentukan. Selanjutnya akan disampaikan kepada bupati sebagai bahan pertimbangan serta persetujuan.

“Mutasi ini menyangkut banyak orang, sehingga memang perlu dipersiapkan sebaik mungkin. Dalam melakukan mutasi ada beberapa penilaian dan analisa yang objektif yang harus kita pegang, sebelum akhirnya mengeluarkan kebijakan untuk melakukan mutasi,” jelas Bupati.

Diakui Bupati, dari hasil evaluasi kinerja selama tahun 2018 memang ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mendapatkan catatan khusu. Namun ia enggan menyebutkan OPD mana saja yang mendapatkan catatan khusus tersebut.

“Ada beberapa OPD yang mendapatkan catatan khusus. Namun nanti kita lihat saja OPD mana yang kita evaluasi. Saat ini semuanya sedang kita persiapkan,” ujar Bupati.

Bupati menambahkan, sebelum menggelar mutasi pihaknya akan melakukan penilaian terlebih dahulu terkait kinerja seluruh OPD secara objektif dan kolektif. Ia tidak menampik bahwa salah satu yang dinilai dalam evaluasi tersebut adalah kinerja dan serapan anggaran di setiap OPD, dan seperti apa koordinasi kerja yang dilakukan oleh setiap OPD.

“Termasuk dengan bagaimana hasil realisasi penyerapan anggarannya selama ini. Semuanya akan kita nilai nantinya. Intinya mutasi ini tidak lama lagi akan kita lakukan,” demikian Bupati. (sly)

Berita Lainnya

Pertimbangkan Kenaikan Gaji Guru Honorer

KEPAHIANG – Persoalan terkait kesejahteraan guru honorer di Kabupaten Kepahiang belakangan ini menjadi perhatian serius ...

error: Content is protected !!