Selasa , 25 Juni 2019
Home / Daerah / Seluma / Jalan Nasional Terancam Amblas

Jalan Nasional Terancam Amblas

TERANCAM AMBLES: Bahu jalan nasional di Kelurahan Talang Saling terlibat ambles. Ini mengancam badan jalan yang juga akan ambles, jika tidak segera diperbaiki.

SELUMA – Sepanjang 20 meter ruas jalan nasional di Kelurahan Talang Saling, Kecamatan Seluma terancam ambles. Kondisi jalan tersebut mulai retak, karena bahu jalan telah ambles. Jika tidak segera diambil tindakan, tidak menutup kemungkinan dalam tempo sebulan ke depan, badan jalan akan ikut ambles.

“Sebulan terakhir bahu jalan itu ambles. Saya yakin jika terus hujan, tidak lama lagi badan jalannya juga akan ambles. Karena sekarang sudah mulai retak,” cerita Suman (42) warga setempat yang tinggal tak jauh dari lokasi jalan tersebut, kemarin (10/2).

Suman menjelaskan bahu jalan nasional mulai ambles sejak hujan deras yang terus menerus melanda Seluma sebulan terakhir. Amblesnya bahu jalan tersebut, selain kondisi tanah yang labil juga disebabkan air dari atas tebing di seberang jalan yang mengucur deras jika hujan melanda. “Jalan ini sering dilewati truk ekspedisi yang bebannya berat. Akan lebih cepat membuat jalan tersebut ambles jika tidak segera diperbaiki,” lanjut Suman.

Pantauan RB, lokasi jalan nasional yang terancam ambles tersebut berada persis di bibir jurang sedalam 20 meter. Kini mobil yang lewat dari arah Manna harus mengambil jalan ke kanan untuk menghindari badan jalan yang mulai retak. Selain itu, amblesnya jalan juga dikarenakan masyarakat kurang peduli terhadap lingkungan. Di lokasi bahu jalan ambles tersebut dijadikan tempat membuang sampah rumah tangga. Akibatnya jika hujan turun, air tidak dapat mengalir dan meresap ke badan jalan, sehingga tanah yang jadi tumpuan badan jalan labil.

“Walau belum diperbaiki seluruhnya, minimal dipasang bronjong untuk menahan badan jalan. Jika tidak ingin jalan tersebut akan ambles,” sambung Suman.

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, Junaidi, SP akan segera menyampaikan ini ke Satker Dinas PUPR Provinsi, agar jalan nasional yang terancam ambles segera diperbaiki. “Saya akan kirim surat resmi ke Satker PUPR, untuk memperbaiki jalan ini. Jangan sampai jalan tersebut putus dan tidak bisa digunakan lagi,” janji Junaidi.

Jalan nasional di Seluma, dilakukan penanganan preservasi jalan dalam batasan satu panjang segmen yang menerus untuk mendapatkan jalan yang seragam yaitu jalan mantap sepanjang segmen tersebut. “Biasanya untuk jalan nasional selalu jadi prioritas diperbaiki, terutama titik-titik rawan seperti ini. Pembangunan atau perbaikannya dapat langsung dilakukan di tahun yang sama tanpa harus menunggu,” terang Junaidi.

Tahun ini Seluma dapat program pembangunan dan perbaikan jalan nasional. Sehingga perbaikan jalan nasional di Talang Saling dapat segera dilakukan. “Tahun lalu perbaikan jalan nasional di Seluma dimulai. Saya optimis jalan Talang Saling ini juga telah diprioritaskan untuk diperbaiki tahun ini. Saya tetap akan ingatkan Satker Bina Marga segera memperbaiki jalan ini,” demikian Junaidi. (aba)

Berita Lainnya

Sekda “Larang” ASN Pindah

SELUMA –  Banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma yang mengajukan ...

error: Content is protected !!