Kamis , 21 Februari 2019
Home / Metropolis / Kembangkan Wisata Pantai Butuh Modal Rp 31 Miliar

Kembangkan Wisata Pantai Butuh Modal Rp 31 Miliar

WISATA: Kawasan Wisata Tapak Paderi ini rencananya akan dibangun lebih indah lagi oleh Pemkot Bengkulu.

BENGKULU – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menargetkan kawasan wisata Tapak Paderi dan kawasan Pantai Pasar Bengkulu akan dibangun lebih maju di tahun 2020 mendatang. Saat ini Pemkot tengah mempersiapkan proposal untuk mendapatkan bantuan anggaran dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

Hal ini dikatakan Kepala Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan (Bapelitbang) Kota Bengkulu, Drs. Riduan, MSi. “Ya mudah-mudahan di tahun 2020 nanti, kawasan Tapak Paderi dan wisata Pantai Pasar Bengkulu ini akan dibangun dan dikembangkan lagi wisatanya. Karena kita saat ini sedang mempersiapkan untuk melobi bantuan anggaran pembangunan pengembangan kawasan wisata,” papar Riduan.

Dikatakan Riduan, sebelumnya memang direncanakan akan melakukan pertemuan dengan pihak Kementerian PU tersebut terkaitan pembangunan wisata Tapak Paderi dan kawasan wisata Pasar Bengkulu. Namun pertemuan itu batal terlaksana lantaran orang Kementerian PU masih sibuk agenda lain.

“Mudah-mudahan dalam minggu ini nanti pak walikota bersama stakeholders yang lainnya akan bersama-sama ekspose dan persentase memaparkan konsep terkait pembangunan wisata tapak tersebut,” ungkap Riduan.

Menurutmya, konsep pembangunan wisata tersebut secara hitungan dana membutuhkan anggaran totalnya sekitar Rp 31 miliar, dengan rincian pengembangan Tapak Paderi sekitar Rp 19 miliar. Sedangkan untuk pengembangan wisata di kawasan Pasar Bengkulu itu membutuhkan dana Rp 12 miliar. “Untuk pembangunan Tapak Paderi itu konsepnya nanti ada wisata air menari ada lampu hias yang indah, yang seperti perencanaan kita sebelumnya. Sedangkan di kawasan Pasar Bengkulu itu akan dibangun taman ruang terbuka hijau yang indah,” ungkap Riduan.

Selain itu lanjut Riduan, tujuan pembangunan taman di kawasan Tapak Paderi tersebut untuk menjadikan ikon wisata Kota Bengkulu. Dengan harapan wisatawan lokal domestik ataupun macanegara akan berkunjung. Sehingga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Kawasan taman Tapak Paderi itu nanti akan diubah sedemikian rupah dengan konsep elegan dan megah. Seperti konsep taman air yang ada di Abudabi, yakni ada hiasan lampu taman air yang indah. Selain itu ditempat itu juga nanti ditata ada tempat khusus para pedagang yang berjualan. Sehingga di kawasan itu nanti akan jadi tempat pusat kuliner yang menarik pengunjung,” bebernya.

Sementara itu Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Indra Sukma mengungkapkan, pihaknya mendukung penuh terkait rencana pembangunan kawasan wisata tapak paderi tersebut agar dikelola lebih baik lagi. (new)

Berita Lainnya

Lubang Jalan Halmahera Semakin Dalam

BENGKULU – Semakin hari, kerusakan jalan Halmahera Kelurahan Surabaya semakin mengkhawatirkan. Sejauh ini belum ada ...

error: Content is protected !!