Selasa , 25 Juni 2019
Home / Daerah / Lebong / Minta Aparat Usut Proyek Dam Parit

Minta Aparat Usut Proyek Dam Parit

LEBONG – Tokoh masyarakat Kabupaten Lebong, Rozi Antoni meminta aparat penegak hukum mengusut dugaan penyimpangan di balik pelaksanaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) tahun 2018 senilai Rp 3,5 miliar di Kabupaten Lebong. Yakni pekerjaan pembangunan 21 dam parit dan 4 embung yang fisiknya diduga asal jadi. ‘’Apalagi pekerjaannya terindikasi kuat dipihak tigakan ke kontraktor, bukan dikerjakan poktan (kelompok tani, red),’’ kata Rozi.
Nama poktan, diduga hanya dipinjam oleh pihak dari Bidang Prasarana dan Sarana, Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Kabupaten Lebong. Bahkan ada beberapa titik pekerjaan yang hingga kemarin (10/2) belum selesai. Antara lain pembangunan dam parit di Desa Tabeak Blau, Kecamatan Lebong Atas senilai Rp 142,5 juta. ‘’Dengan sangat, kami minta aparat penegak hukum di Lebong tidak hanya sebatas memantau,’’ terang Rozi.
Terkhusus kepada Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong yang sempat menyampaikan sikap masih menelaah teknis pelaksanaan proyek P3TGAI melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Lebong 2018 yang sempat menuai permasalahan di masyarakat itu. Dimintanya Kejari selaku instansi vertikal yang paling potensial menangani permasalahan korupsi di Lebong, melakukan pengusutan. ‘’Apakah harus benar-benar KPK (komisi pemberantasan korupsi, red) turun tangan mengusut korupsi di Lebong,’’ papar Toni.
Pengusutan pekerjaan dam parit dan embung oleh aparat penegak hukum sangat perlu dilakukan agar kecurigaan masyarakat terjawab. Soalnya beberapa temuan di lapangan, ada bagian dinding parit yang belum diplaster. Bahkan ada tunggul pohon kelapa yang ikut dicor bersamaan dengan dinding dan lantai parit. ‘’Supaya tidak menimbulkan prasangka, makanya kami masyarakat sebagai pengguna hasil pembangunan meminta hasil pekerjaan proyek ini diselidiki,’’ pungkas Toni. (sca)

Berita Lainnya

315 PNS Bakal Pensiun

PELABAI – Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong bakal terus ...

error: Content is protected !!