Rabu , 24 April 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Pembuatan SIM Kolektif, Hoax

Pembuatan SIM Kolektif, Hoax

CURUP – Masyarakat di Kabupaten Rejang Lebong (RL) beberapa hari belakangan, banyak yang penasaran dengan informasi yang menyebar begitu cepat melalui aplikasi WA. Ini terkait informasi tentang rencana Polres RL yang akan membuka layanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara kolektif. Bahkan beberapa warga sempat menanyakan kepada wartawan RB.

Isi informasi pembuatan SIM kolektif tersebut, diantaranya pembuatan SIM secara kolektif hanya datang, lalu foto dan tanpa tes. Kegiatan akan dilaksanakan 29 Februari 2019 dan jam dimulainya pelayanan yaitu 07.30 WIB sampai dengan selesai. Sedangkan untuk tempat, disebutkan di lapangan Polres Kota Curup Kelurahan Dwi Tunggal.

Selain itu, juga disebutkan berbagai persyaratan administrasi yang harus dipenuhi. Bahkan informasi tersebut disertai dengan tarif berbagai jenis SIM, tergantung yang akan diurus masyarakat. Namun kalau penerima pesan ini jeli, sudah sangat jelas bahwa ini sebuah informasi hoax dan sengaja dibuat untuk bahan candaan.

Salah satunya soal tanggal pelaksanaan yang disebutkan 29 Februari 2019. Padahal di kalender Februari 2019 hanya sampai tanggal 28 Februari alias tidak ada tanggal 29 Februari 2019. Selain itu penyebutan Polres juga salah, disebut Polres Kota Curup, padahal yang ada, Polres Rejang Lebong.

Kapolres RL AKBP Jeki Rahmat Mustika, S.IK melalui Kasat Lantas AKP Henri Hutasoit, SH, S.IK mengakui sudah mendapatkan informasi soal berita hoax tersebut. Diharapkan masyarakat bisa semakin cerdas dalam menanggapi berbagai informasi hoax. Informasi yang diterima haruslah disaring dan diteliti dulu kebenarannya.

‘’Jadi itu berita atau informasi hoax yang kemungkinan hanya untuk dijadikan bahan candaan. Karena memang dalam kalender tahun 2019 tidak ada tanggal 29 Februari. Ditambah pembuatan atau pengurusan SIM disebutkan tanpa melalui tes. Sekali lagi, masyarakat lebih baik menanyakan langsung informasi yang beredar kepada yang berwenang dan tidak serta merta langsung membagikan informasi tersebut sabelum tahu dan yakin kebenarannya,’’ imbuh Henri.(dtk)

Berita Lainnya

Program Kube di Delapan Kecamatan 

CURUP – Kabupaten Rejang Lebong (RL) saat ini terus melakukan upaya semaksimal mungkin dalam pembentukan ...

error: Content is protected !!