Sabtu , 20 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Rastra Hingga PKH Dibidik

Rastra Hingga PKH Dibidik

ARGA MAKMUR – Kerja sama antara Kementerian Sosial dan Kapolri terkait penyaluran Bantuan Sosial (Bansos), baik itu berupa program untuk peningkatan kesejahteraan maupun bantuan lainnya, ikut ditindaklanjuti Polres Bengkulu Utara (BU). Bahkan, Polres BU ikut andil langsung dalam hal yang terkait penyaluran program Bansos.

Kapolres BU, AKBP. Ariefaldi WN, SH, S.IK, MM melalui Kasat Reskrim, AKP. M Jufri, S.IK menuturkan, pengawalan ketat sudah dilakukan dalam penyaluran dana Bansos, seperti Beras Sejahtera (Rastra) termasuk penyaluran dana Program Keluarga Harapan (PKH).

“Jadi kita kawal dan kita pastikan penyaluran program tersebut tepat sasaran. Untuk program PKH, kita lakukan pengawalan ketat di ATM dan bank. Kita pastikan jumlahnya benar dan sampai ke masyarakat langsung,” terang Kasat, kemarin (10/2).

Bahkan ia menegaskan apa yang terkait dengan pelanggaran dana Bansos akan dianggap sebagai korupsi. Apalagi jika itu dilakukan secara terstruktur dari pihak pengelola Bansos tersebut.

“Jika memang ada pelanggaran hingga menyebabkan program tersebut tidak tersalurkan atau tidak sebagaimana mestinya, maka ancaman penjara minimal 4 tahun sesuai UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” tegasnya.

Program Bansos memang ditujukan pemerintah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Baik berupa dana langsung ataupun program bantuan. Hal ini yang dikawal polisi agar program itu benar-benar sampai ke masyarakat.

“Kita sudah bekerja sama dengan Dinas Sosial terkait penyaluran dan pengawasan. Termasuk agar program Bansos itu tepat sasaran,” pungkas Kasat. (qia)

Berita Lainnya

Didukung Warga, Tuntutan Kades Bisa Lebih Ringan

ARGA MAKMUR – Kasus pemalsuan tandatangan pencairan Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2018 dengan ...

error: Content is protected !!