Rabu , 21 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Satgas PPA di Tiap Desa

Satgas PPA di Tiap Desa

BENTENG – Ditemukannya kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di desa-desa yang tidak terpantau, Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) telah membentuk Satgas PPA di seluruh desa yang ada di Benteng. Jumlahnya mencapai 142 desa dan satu kelurahan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Benteng, Sri Haryati Prasetia, S.STP membeberkan, data di tahun 2018 lalu sebanyak 24 kasus dengan korban perempuan dan anak. “Semua pihak berharap bisa terpantau,” terangnya, kemarin (10/2).

Untuk memantau dan menekan sekecil mungkin KDRT juga telah melibatkan OPD lain, mulai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Dinas Pendidikan, dan Dinas Kesehatan. Karena, OPD tersebut bersentuhan langsung ke tingkat bawah.

“Misalnya Dinas PMD terus berkoordinasi dengan pemerintahan tingkat desa. Dinas Pendidikan berkaitan dengan masyarakat secara langsung melalui pendidikan di segala tingkatan. Demikian juga Dinas Kesehatan yang memberikan palayanan kesehatan kepada masyarakat melalui Puskesmas yang ada dan tersebar di seluruh Benteng,” bebernya.

Dari jumlah kasus yang ditemukan tahun lalu, Sri berharap pengawasan selanjutnya dapat lebih meningkat melalui ujung tombak dalam kerja sama yang terjalin melalui beberapa OPD. Selain itu, juga diingatkan agar sosialisasi kepada masyarakat lebih banyak dilakukan, terutama di tingkat desa dengan OPD lain yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. “Semua pihak berkewajiban untuk mencegah terjadinya KDRT dengan korban perempuan dan anak,” demikian Sri. (vla)

Berita Lainnya

7.600 Hektare Lahan Pertanian Kekurangan Air

BENTENG – Sekitar 7600 hektare lahan pertanian di Kabupaten Benteng saat ini kekurangan air karena ...

error: Content is protected !!