Rabu , 24 April 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Sebanyak 7.000 VAR Akan Dibagikan Gratis

Sebanyak 7.000 VAR Akan Dibagikan Gratis

KEPAHIANG – Guna mengantisipasi penyebaran penyakit rabies di Kabupaten Kepahiang, Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang telah mempersiapkan sebanyak 7.000 vaksin anti rabies (VAR) yang siap disuntikkan kepada hewan pembawa rabies (HPR) yang ada di Kabupaten Kepahiang. Menariknya ribuan VAR ini nantinya akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat Kabupaten Kepahiang yang memiliki HPR.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang Hernawan, S.PKP menjelaskan saat ini pihaknya masih melakukan pendataan terhadap HPR yang dipelihara oleh masyarakat di Kabupaten Kepahiang, seperti kucing, anjing dan kera. Selain itu sebelum vaksin ini disalurkan kepada masyarakat, pihaknya akan terlebih dahulu melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai bahaya penyakit rabies.

“Untuk kegiatan vaksinasi, kita rutin melakukannya setiap saat. Namun untuk lebih mengoptimalkannya, kita juga akan menyalurkan VAR kepada masyarakat agar juga bisa memberikan vaksi kepada HPR peliharaannya. Untuk itu sebelumnya kita akan lakukan edukasi dan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat,” beber Hernawan.

Kegiatan vaksinasi tersebut rutin dilakukan pihaknya sepanjang tahun di Kabupaten Kepahiang. Ia pun memperkirakan kegiatan ini nantinya dilaksanakan bertahap di setiap kecamatan. “Sepanjang tahun kita melakukan kegiatan vaksinasi gratis, petugas langsung mendatangi lokasi-lokasi ke kecamatan, kelurahan maupun pedesaan. Pertama dengan melakukan pemberitahuan agar masyarakat yang punya HPR, untuk ikut kegiatan vaksinasi,” jelas Hernawan.

Lebih jauh Hernawan menjelaskan terkadang setiap mendatangi desa misalnya sedikitnya hanya 30an orang masyarakat yang membawa HPRnya untuk divaksin, artinya masih sangat rendah kesadaran masyarakat. “Itulah mengapa kita juga melakukan sosialisasi dan edukasi, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya VAR terhadap HPR ini,” tutup Hernawan. (sly)

Berita Lainnya

Kepahiang Terima 7 Ribu Benih Kopi dari Bogor

KEPAHIANG – Guna peningkatan produksi kopi di wilayah Kabupaten Kepahiang, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan ...

error: Content is protected !!