Rabu , 24 April 2019
Home / Metropolis / Sesi Pertama, Jalan Tol Dibangun 17 Kilometer

Sesi Pertama, Jalan Tol Dibangun 17 Kilometer

BENGKULU – Sebanyak 17 kilometer lahan jalan tol Bengkulu – Lubuklinggau saat ini tengah dipersiapkan. Pembangunan jalan tol ini, titik nolnya dimulai di Kelurahan Betungan, menuju ke Kabupaten Bengkulu Tengah.

Kepala Biro Pembangunan Pemprov Bengkulu Taufik Adun mengatakan, pembangunan jalan tol dibagi dalam beberapa sesi. Untuk sesi pertama jalan tol tersebut dibangun sepanjang 17 kilometer. Saat ini tengah disusun dokumen perencanaan pengadaan tanah tersebut. Tim juga sudah turun memasang patok merah ke tanah-tanah yang masuk dalam titik jalur pembangunan tol.

“Ya saat ini sudah dipasang patok-patoknya. Jadi masyarakat sudah tahu kalau tanah mereka terkena pembangunan tol ini,” terangnya.

Dalam penyusunan dokumen perencanaan pengadaan tanah ini, nanti Pemprov Bengkulu dan PT Wiratman sebagai penyusun dokumen akan mengundang masyarakat yang lahannya terkena pembangunan jalan tol, dalam kegiatan konsultasi publik terkait dengan pengadaan lahan ini. Sehingga bisa diketahui berapa banyak masyarakat yang tidak setuju.

Tujuannya, agar pembangunan jalan tol ini tidak menemui kendala terkait dengan pembebasan lahan. Setelah ini selesai kemudian ditetapkan dokumen perencanaan pengadaan tanah ini, sebagai upaya untuk penetapan lokasi pembangunan jalan tol. “Nanti akan tahu siapa yang tidak bersedia dan solusinya apa,” terangnya.

Setelah penetapan lokasi, langsung dilanjutkan ke pembebasan lahan masyarakat untuk pembangunan jalan tol ini. Untuk pelaksana teknis di lapangan nantinya adalah Badan Pertanahan Nasional (BPN). Saat ini tim tengah mendata siapa saja masyarakat yang tanahnya terkena pembangunan jalan tol ini.

“Yang melakukan pendataan itu konsultan dari PT Wiratman didampingi oleh Pemda Provinsi Bengkulu,” terangnya.

Dia mengatakan setelah selesai persiapan lahan 17 kilometer ini, pengadaan lahan harus dilakukan di tahun ini juga. Kemudian dilanjutkan dengan persiapan fisik. Kemudian setelah itu dilanjutkan kembali pengadaan lahan, hingga sampai ke perbatasan Bengkulu-Lubuklinggau. “Untuk rencana awal sesi pertama 17 kilometer. Kemudian dilanjutkan kembali ke sesi-sesi selanjutnya,” terangnya

Titik terminal akhirnya itu nanti di Betungan, dari Simpang Empat Betungan, mengarah ke terminal Bus Regional Bengkulu. Dari simpang Empat Betungan itu berjarak hanya 1 kilometer. Lahan calon terminal itu masih berbentuk kebun sawit saat ini. “kita sosialisasikan dulu ke masyarakat kalau ada pembebasan lahan untuk jalan tol,” terangnya.

Ditambahkannya, Pemprov Sumsel juga membantu memfasilitasi pengembang yang mengerjakan proyek jalan tol dari Palembang ke Lubuklinggau. Sedangkan Pemprov Bengkulu memfasilitasi pengembang membangun jalan tol dari Kota Bengkulu ke Lubuklinggau. Panjang tol Bengkulu Palembang itu sepanjang 330 kilometer. Sedangkan panjang ruas jalan raya Bengkulu Palembang mencapai 447 kilometer.

Keberadaan jalan tol ini nanti akan memangkas jarak tempuh antara dua provinsi ini sepanjang 147 kilometer. “Sesi pertama 17 kilometer pembangunan dari Kota Bengkulu menuju ke Lubuklinggau,” tutupnya.(del)

Berita Lainnya

Penetapan 1 Ramadan, Kemenag Tunggu Rukyatul Hilal

BENGKULU– Muhamadiyah sudah menetapkan jika 1 Ramadhan 1440 Hijriah bertepatan dengan 6 Mei 2019. Namun ...

error: Content is protected !!