Senin , 17 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / 136 CJH Cek Kesehatan

136 CJH Cek Kesehatan

CEK KESEHATAN: Calon jamaah haji Kabupaten Bengkulu Selatan, kemarin (11/2) cek kesehatan di Puskesmas Pasar Manna.

PASAR MANNA – Sebanyak 136 Calon Jamaah Haji (CJH) Bengkulu Selatan (BS), kemarin (11/2)  melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan ini merupakan tahap pertama, yang dipusatkan di Puskesmas Pasar Manna.

Pemeriksaan kesehatan kepada CJH ini dibagi empat kelompok. Jadi pemeriksaan dilakukan secara bergiliran selama empat hari, mulai tanggal 11 sampai 14 Februari 2019.

Pemeriksaan kesehatan tahap pertama ini, meliputi pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol, asam urat, tinggi badan,berat badan, lingkar perut dan periksa darah. Pemeriksaan

kesehatan CJH ini merupakan kerjasama rutin antara Dinkes Kabupaten, Kementerian Agama, dan Puskesmas Pasar Manna pada setiap musim haji.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten BS, H. Arsan S Ibrahim, M.HI berharap agar seluruh CJH yang telah terdaftar untuk keberangkatan Haji tahun 2019, dapat mengikuti pemeriksaan kesehatan tahap pertama.

Dengan harapan kondisi kesehatan CJH dapat terpantau sedari awal. Maka Dinkes dan Kantor Kemenag dapat mengantisipasi kemungkinan terkait kesehatan CJH. Misal diteksi dini terhadap penyakit beresiko. Seperti TBC, darah tinggi (hipertensi) serta diabetes.

“Pemeriksaan kesehatan tahap pertama merupakan pemeriksaan tahap awal untuk mendeteksi lebih awal kemungkinan penyakit beresiko tinggi yang diderita CJH. Maka kita dapat mengambil langkah cepat dan tepat untuk memberi penanganan yang tepat agar CJH siap untuk melaksanakan ibadah haji pada musim haji tahun ini,” terang Arsan.

Kegiatan serupa akan dilaksanakan lagi pemeriksaan kesehatan tahap kedua. Yang didahului sosialisasi Kesehatan Haji oleh Dinkes pada 19 Februari depan di Aula Dinkes.(tek)

Berita Lainnya

Sungai Air Pino Ancam Rumah Warga

PASAR MANNA – Tingginya curah hujan yang melanda wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) akhir-akhir ini, ...

error: Content is protected !!