Rabu , 24 April 2019
Home / Breaking News / Antisipasi Uang Palsu, Bank Indonesia dan Legislator Sosialisasikan Keaslian Rupiah

Antisipasi Uang Palsu, Bank Indonesia dan Legislator Sosialisasikan Keaslian Rupiah

SOSIALISASI : Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu Endang Kurnia Saputra bersama Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Nasdem, dr. Anarulita Muchtar  saat menggelar sosialisasi di Seluma, Senin (11/2).

TAIS–  Untuk mengantisipasi masih ditemukannya peredaran uang palsu di masyarakat, Bank Indonesia gencar melakukan sosialisasi tentang keaslian uang Rupiah. Kegiatan yang diinisiasi Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Nasdem, dr. Anarulita Muchtar ini melibatkan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTK) Kabupaten Seluma, Senin (11/2). Turut hadir tokoh masyarakat Seluma, Drs. H. Rusli Yakub, MH.

Dalam sambutannya, Anarulita mengatakan pengenalan rupiah khususnya emisi terbaru harus terus dilakukan. Pasalnya masih ada yang belum mengetahui ciri-ciri keaslian rupiah. Apalagi tahun 2019 merupakan tahun politik, sehingga tidak dipungkiri potensi peredaran uang palsu bisa saja terjadi.

“Untuk mengenali rupiah dapat dilakukan dengan mengenali warna dan jenis uang rupiah, termasuk filosopi gambar yang ada di uang rupiah. Masyarakat harus hati-hati jangan sampai menerima uang palsu,” kata politisi Partai Nasdem ini.

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu Endang Kurnia Saputra menuturkan ada tiga cara sederhana untuk memeriksa keaslian rupiah. “Yakni dengan mekanisme 3D. Atau dikenal dengan Dilihat, Diraba, Diterawang,” lanjut Endang.

Endang juga meminta masyarakat harus berhati-hati ketika menerima uang. Jika memang ada yang ragu terkait keaslian rupiah yang dimiliki, maka jangan sungkan untuk melapor ke Bank Indonesia dan aparat penegak hukum.  “Jadi kenali dan perlakukan rupiah dengan baik,” tambahnya.

Dilain hal, Ketua IGTK Kabupaten Seluma, Lenny Eliawati, S.Pd mengatakan terima kasih atas sosialisasi yang sudah diselenggarakan Bank Indonesia. “Dengan sosialisasi ini kami para guru TK dan PAUD mendapatkan ilmu baru. Khususnya tentang ciri-ciri keaslian rupiah serta bagaimana menjaga rupiah dengan baik,” pungkasnya. (adn/rls)

Berita Lainnya

TNI AL- Polri Kawal Ketat Logistik Pemilu dari Enggano

BENGKULU – KRI Kurau 856 tiba di dermaga Nusantara Pelindo II Pulau Baai Bengkulu, Selasa ...

error: Content is protected !!