Rabu , 21 Agustus 2019
Home / Daerah / Seluma / Bekas Kantor Diduga “Sarang Mesum”, Ludes

Bekas Kantor Diduga “Sarang Mesum”, Ludes

LUDES: Kantor eks BP4K Seluma di Ampar Gading, Kelurahan Lubuk Lintang, ludes dilalap si jago merah, kemarin (11/2).

SELUMA – Sebelumnya, gedung yang dibiarkan tak terawat ini jadi sorotan Ketua DPRD Seluma Tenno Haika karena diduga jadi tempat orang berbuat mesum. Kemarin (11/2) siang pukul 14.00 WIB saat cuaca panas, eks kantor Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) ini, ludes dilahap si jago merah. Diduga ada yang sengaja membakarnya.

Gedung tersebut berada di Ampar Gading, Kelurahan Lubuk Lintang, Kecamatan Seluma. Besarnya kobaran api tak hanya menjadi perhatian warga setempat, juga menghebohkan Pemkab Seluma. Hampir seluruh bagian bangunan ludes dilahap api, hanya menyisakan dinding beton dan lantai keramik.

Sejuah ini penyebab kebakaran diduga ada yang sengaja membakar semak belukar yang sudah kering di dekat kantor itu. Api dibiarkan terus merambat hingga membakar gedung tersebut. Kalau dari listrik tidak mungkin, karena sudah lama sambungan listrik ke eks kantor BP4K itu diputuskan PLN.

“Dugaan kita seperti itu (ada yang sengaja membakar). Namun untuk pastinya masih akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Terutama terkait identitas pelaku dan apa yang melatarbelakanginya,’’ ujar Kakan Satpol PP dan  Seluma, Hadi Sanjaya, SH kepada RB kemarin (11/2).

Pantauan RB, satu unit mobil Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) dikerahkan untuk memadamkan kobaran api. Cuaca panas ditambah hembusan angin, semak belukar umumnya berupa alang-alang yang mengering usai ditebas itu membuat api dengan cepat merambat ke arah gedung. Setidaknya 75 persen dari bangunan tersebut habis dilahap api.

“Untuk penyelidikan penyebab kebakaran ini sepenuhnya kita serahkan kepada Polres Seluma. Terutama untuk mengungkap pelaku pembakaran ini,’’ tambah Hadi.

Terpisah, Kapolres Seluma AKBP. I Nyoman Merthadana, S.Ik mengatakan akan melakukan penyelidikan penyebab ataupun pelaku pembakaran. ‘’Nanti kita akan melakukan olah TKP dulu untuk mencari bukti yang dapat digunakan melakukan penyelidikan penyebab kebakaran,’’ ujar Kapolres Nyoman, yang meninjau langsung ke lokasi kebakaran, kemarin (11/2).

Tambahnya pihaknya dalam melakukan penyelidikan penyebab dan pelaku pembakaran, akan berkordinasi dengan Laboratorium Forensik (Labfor) Palembang. ‘’Secepatnya mereka akan kita datangkan khusus untuk melakukan penyelidikan kebakaran ini. Kita akan ungkap penyebab maupun pelaku pembakaran esk Kantor BP4K ini,’’ pungkasnya.(aba)

Berita Lainnya

Pelayanan DPMPTSP Terancam Lumpuh

SELUMA – Kebijakan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) mencoret semua anggaran yang diajukan oleh Dinas ...

error: Content is protected !!