Kamis , 27 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Gaji Perangkat Desa Naik

Gaji Perangkat Desa Naik

ARGA MAKMUR – Meski perpres soal kenaikan gaji atau penghasilan tetap (siltap) perangkat desa belum diterbitkan, namun rencananya gaji perangkat desa tetap akan naik. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Ir Budi Sampurno, kemarin.

Dijelaskannya, pemkab meningkatkan penyaluran Alokasi Dana desa (ADD) dan menaikan gaji perangkat desa. “Hanya saja besarannya belum sampai sama dengan PNS golongan II seperti kabar yang dihembuskan selama ini,” ungkap Budi.

Dengan naiknya gaji kades sekitar 20 persen, maka gaji perangkat desa juga akan naik. Sebab gaji sekdes 75 persen dari gaji kades, berikutnya kasi dan kadun 50 persen di bawahnya. Dengan naiknya gaji kades, dengan sendirinya gaji perangkat desa akan naik.

“Gaji kades itu beragam sesuai dengan besaran DD dan ADD masing-masing desa,” terangnya.

Jika nantinya akan terbit perpres terkait dengan gaji perangkat desa, maka bukan tidak mungkin hal ini juga akan diberlakukan oleh Pemkab BU. Namun penganggaran baru bisa dilakukan dalam APBD Perubahan mendatang. “Kalau memang perpres terbit dalam waktu dekat sesuai yang diungkapkan Mendes PDTT, maka kita lihat petunjuk pelaksanaannya seperti apa. Yang jelas jika ada dasar hukum yang jelas, kita ikuti,” beber Budi.(qia)

Berita Lainnya

Dua Siswa Tewas,Dua Lagi Kritis

TAP – Dua pelajar tewas dalam kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada pukul 00.30 WIB, ...

error: Content is protected !!