Kamis , 21 Februari 2019
Home / Metropolis / Jangan Sekedar Membangun

Jangan Sekedar Membangun

BENGKULU – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu akan membangun kawasan wisata Pantai Tapak Paderi dan Pasar Bengkulu mendapat sorotan dari kalangan DPRD Kota Bengkulu. Pasalnya dinilai Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota, Rena Anggraini, SP, Pemkot jangan sekedar hanya bisa membangun saja. Namun yang terpenting Pemkot harus bisa memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kawasan wisata tersebut.

“Rencana membangun kawasan wisata pantai itu sejauh ini konsepnya belum tahu seperti apa yang katanya untuk meningkatkan PAD itu? Sebab banyak sekali bangunan yang sudah dibangun Pemkot namun tidak dimanfaatkan dengan baik. Seperti bangunan Pusat Kuliner pantai, gedung Balai Adat dan lainnya,” kritik Rena, kemarin (11/2).

Menurut Rena, rencana pembangunan kawasan wisata Tapak Paderi dan Pasar Bengkulu tersebut harus dikaji dengan matang. Supaya anggaran yang dikeluarkan nanti untuk membangun tersebut tidak sia-sia.

“Ketika nanti kementerian mau memberikan bantuan untuk membangun (tempat wisata, red). Jadi jangan terkesan nantinya Pemkot hanya bisa belanja saja. Namun konsep untuk progres menghasilkan PAD itu nihil. Makanya perlu kajian yang sangat matang,” papar Politisi PKS ini.

Anggota DPRD Kota, Suimi Fales, SH, MH, mengatakan, untuk mengembangkan kawasan wisata pantai, sebaiknya Pemerintah Kota Bengkulu harus bekerja keras mengenai konsep pengembangan wisata bahari, termasuk mempersiapkan masyarakatnya. Karena kultur masyarakat untuk menerima konsep wisata tersebut harus paling utama. Terutama dalam menerima kedatangan turis asing yang berkunjung.

“Karena biasanya kalau turis datang dengan berpakaian sexy, dan masyarakat kita ini belum terbiasa menerima kondisi seperti ini. Padahal jika dilihat di beberapa daerah yang mengutamakan wisata bahari seperti di Lombok, Bali dan Makassar, masyarakatnya memang dipersiapkan untuk bisa menerima kedatangan turis-turis asing tersebut. Oleh karena itu tugas penting pemerintah kota untuk menyosialisasikan ke masyarakat,” ungkapnya.

Selain faktor masyarakat, lanjut Suimi, hal lain yang menjadi jaminan untuk meningkatkan kunjungan wisata adalah keamanan dan kenyamanan untuk orang mudah berinvestasi. Hal itu dilakukan agar turis tertarik untuk berkunjung menikmati panorama pantai di Kota Bengkulu, seperti Pantai Panjang, Pantai Jakat maupun Pantai Pasir Putih serta kawasan Pulau Baai.

“Untuk pengembangan wisata di Kota Bengkulu yang perlu ditingkatkan adalah promosi. Promosi tersebut dianggap sebagai salah satu faktor Pulau Lombok dikenal luas masyarakat dunia. Bahkan mereka berani pasang iklan di media, Bandara, serta di jalanan. Supaya bisa membuat para wisatawan penasaran, hanya untuk berkunjung melihat langsung potensi wisata yang dimiliki,” jelasnya.

Dilansir RB sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menargetkan kawasan wisata Tapak Paderi dan kawasan Pantai Pasar Bengkulu akan dibangun lebih maju di tahun 2020 mendatang. Saat ini Pemkot tengah mempersiapkan proposal untuk mendapatkan bantuan anggaran dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU). (new)

Berita Lainnya

Lubang Jalan Halmahera Semakin Dalam

BENGKULU – Semakin hari, kerusakan jalan Halmahera Kelurahan Surabaya semakin mengkhawatirkan. Sejauh ini belum ada ...

error: Content is protected !!