Sabtu , 23 Februari 2019
Home / Metropolis / Kapolres Ajak Ormas Cegah Hoax

Kapolres Ajak Ormas Cegah Hoax

SILATURAHMI: Kapolres Bengkulu bersama jajarannya saat bersilaturahmi dengan PC NU Kota Bengkulu, Senin (11/2) di Ponpes Hidayatullah Hasaniyyah, Kelurahan Pematang Gubernur.

BENGKULU – Dalam rangka Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) menjelang Pemilu 2019, Kapolres Bengkulu, AKBP Prianggodo Heru K, S.IK bersilaturahmi dengan Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) Kota Bengkulu, Senin (11/2) pukul 14.15 WIB di Ponpes Hidayatullah Hasaniyyah.

Tatap muka langsung bersama tokoh organisasi keagamaan, masyarakat ini bertujuan untuk mengajak secara langsung agar ikut mencegah hoax. Ikut hadir Kasat Binmas Polres Bengkulu, AKP Umar Fatah, SH, MH, Kasat Intelkam Polres Bengkulu, AKP Risdianta, Ketua Syuriah Rais PC NU Kota Bengkulu, KH Faludin, Wakil Ketua Syuriah Rais PC NU Kota Bengkulu, H. Syahrudin Sobri beserta jajaran pengurus/anggota PC NU Kota Bengkulu.

Kapolres mengatakan, untuk menjaga Kamtibmas yang aman dan kondusif diperlukan kerja sama antara Polri dan masyarakat. Diketahui pada 2018 angka kriminalitas di wilayah Polres Bengkulu mengalami penurunan, dari jumlah 2.501 pada 2017 menjadi 1.300 di tahun 2018 lalu. Penurunan angka kriminalitas tersebut bukan serta merta kerja nyata dari pihak kepolisian Polres Bengkulu saja, melainkan berkat bantuan dari masyarakat yang juga ikut membantu memberikan informasi, serta ikut menjaga Kamtibmas di sekitarnya.

“Kami akui masih banyak kekurangan dalam melayani masyarakat. Silakan berikan kritik secara langsung dan masukan tersebut sangat berarti buat kami untuk berbenah diri,” ujar Kapolres.

Peran fungsi masyarakat sangat besar, khususnya andil dari Ormas Islam Kota Bengkulu dikarenakan dengan jumlah personel Polres Bengkulu yang terbatas, tentunya tidak akan optimal dalam kinerjanya apabila tidak dibantu oleh masyarakat Kota Bengkulu. Termasuk untuk suksesnya Pemilihan Legislatif (Pileg), dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 pada 17 April 2019 yang berjalan kondusif, Polres Bengkulu juga meminta bantuan dari berbagai Ormas dan kalanganan masyarakat termasuk dengan NU.

“Meminta agar NU ikut menyosialisasikan secara bersama-sama mencegah berita hoax yang dapat mengadu domba dan berujung menimbulkan perpecahan. Dalam pilihan boleh berbeda yang penting harus tetap bisa menjaga silaturahmi dan persatuan antar sesama,” bebernya.

Ditambahkan Kasat Binmas, AKP Umar Fatha, giat silaturahmi dengan PC NU Kota Bengkulu ini, selain dalam rangka silaturahmi juga tatap muka dalam kegiatan kepolisian yang ditingkatkan. Untuk Harkamtibmas yang kondusif menjelang Pemilu 2019. “Selain bersilaturahmi dengan PC NU, Polres Bengkulu juga akan menyambangi Muhammadiyah, MUI, tokoh agama lainnya, serta tokoh masyarakat,” tambah Kasat. (key)

Berita Lainnya

Minim Tempat Penampungan Sampah

BENGKULU – Penumpukan sampah liar di Kota Bengkulu sangat sulit diatasi. Beberapa median jalan, terlihat ...