Kamis , 21 Februari 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Lahan BPP Aman

Lahan BPP Aman

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko mengklaim lahan untuk Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di Kelurahan Bandaratu Kecamatan Kota Mukomuko, aman, dan tidak ada masalah. Pemkab Mukomuko menyatakan, sudah keluarkan surat sanggahan pada oknum warga Mukomuko yang mengklaim sebagian lahan BPP.

Oknum warga ini tak bisa menunjukkan surat hak kepemilikan. “Kalau mereka miliki surat hak kepemilikan, kami siap untuk memfasilitasi masalah itu. Untuk surat sanggahan sudah kami sampaikan sejak sebulan yang lalu,” ujar Asisten I Setdakab Mukomuko, Arif Isnawan, SP.

Pasca surat sanggahan dikeluarkan Pemkab, oknum warga yang mengaku miliki lahan di BPP, hingga sekarang tidak mengeluarkan aksinya. Termasuk, tidak melakukan pematokan sebagian lahan BPP.

Dijelaskan Arif lahan BPP seluas 1,5 hektare itu adalah hibah dari Pemkab Bengkulu Utara (BU). Itu dilakukan tahun 2003, ketika pemekaran kabupaten dilaksanakan. Bahkan lahan tersebut katanya sudah ada hak sertifikat atas nama Pemkab Mukomuko.

“Lahan itu sudah bersertifikat resmi atas nama Pemkab Mukomuko. Jadi kami pastikan, lahan itu sah menjadi hak milik Pemkab. Kalau asal usul tanah, yakni hibah dari BU tahun 2003,” papar Arif.

Ditambahkan Plt Kepala Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko, Heri Prastyono, S.STP, pihaknya tahun ini melakukan penguatan fungsi BPP. Dengan menambah sejumlat alat dan kelengkapan lainnya. Bakal disediakan LCD untuk 15 BPP Rp 78,3 juta, wireless sound system 8 unit Rp 41,8 juta. Lalu penyediaan internet pada 15 BPP Rp 35,6 juta, personal computer atau biasa disebut komputer PC juga 15 unit Rp 142,5 juta serta penyediaan printer untuk 15 BPP Rp 42,7 juta.

“Juga dibangun sarana sumur bor untuk BPP Ipuh, BPP XIV Koto, BPP Lubuk Pinang, BPP Teramang Jaya, BPP Sungai Rumbai, dan BPP Air Dikit. Untuk mewujudkan bangunan ini sudah disiapkan dana Rp 171 juta. Termasuk dana Rp 190 juta untuk rehabilitasi BPP Ipuh,” pungkas Heri.(hue)

Berita Lainnya

Perdana Kedatangan Ustadz Wijayanto

MUKOMUKO – Untuk pertama kalinya, masyarakat Kabupaten Mukomuko tumpah ruah menghadiri Tabligh Akbar yang digelar ...

error: Content is protected !!