Rabu , 24 April 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Penanganan RPH dan Puskeswan Kuras APBD Rp 200 Juta

Penanganan RPH dan Puskeswan Kuras APBD Rp 200 Juta

MUKOMUKO – Fasilitas Rumah Potong Hewan (RPH) siap diperbaiki tahun 2019. Termasuk juga penanganan pusat kesehatan hewan (Puskeswan). Informasi ini dibenarkan Plt Kepala Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko, Heri Prastyono, S.STP, kemarin (11/2).

Dikatakannya, RPH yang ditangani tahun ini yakni RPH Ruminansia. Anggaran sekitar Rp 40,8 juta telah disiapkan Pemkab Mukomuko. “Kita ingin RPH ini bisa maksimal melayani pemotongan hewan. Dengan kondisinya yang baik kita yakin tingkat pemotongan hewan di RPH akan meningkat,” harap Heri.

Puskeswan juga akan dilakukan rehabilitasi. Adalah Puskeswan Pulau Payung Kecamatan Ipuh. Pemkab sudah siapkan dananya Rp sebesar 150 juta. “Selain itu juga untuk Puskeswan akan dilengkapi peralatan Probe USG hewan kecil. Total sekitar Rp 200 juta untuk Puskeswan dan RPH,” jelasnya.

Ditambahkan untuk menambah jumlah peternak kambing, Pemkab melalui Distan akan membeli hewan ternak kambing guna diternak dan dikembangbiakkan oleh masyarakat. Dengan target pengadaan 35 ekor kambing betina dan ditambah 3 ekor kambing jantan.

‘’Ini khusus didanai APBD Kabupaten Mukomuko 2019. Sementara Pagu dananya yang sudah diakomodir dalam APBD sekitar Rp 184 juta. Mudah-mudahan dapat terealisasi dengan baik,” tandas Heri.

Lebih lanjut dikatakan Distan Mukomuko juga akan sediakan alat pengemasan sebanyak 5 unit dengan dana Rp 50 juta. Termasuk bakal siapkan pengadaan Rice Milling Mobil 1 unit. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 207,3 juta. Juga akan beli mesin bajak sawah alias handtracktor. ‘’Khusus handtraktor hanya 5 unit yang didanai kabupaten,” demikian Heri.(hue)

Berita Lainnya

Keuntungan Habis untuk Bayar Utang BUMD

MUKOMUKO – Usaha milik salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Mukomuko, PT. Mukomuko ...

error: Content is protected !!