Rabu , 24 April 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Penerbangan Ke MM Bakal Tutup Total

Penerbangan Ke MM Bakal Tutup Total

MUKOMUKO – Penerbangan regular rute Bengkulu–Mukomuko dan sebaliknya akan berhenti total. Maskapai penerbangan PT Wings Air telah lama menghentikan pelayanan. Kendati untuk order tiket tetap dibuka, tetapi hingga sekarang belum ada satupun yang dilayani terbang.

Seperti disampaikan mantan Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Mukomuko, Irpansyah Putra Rahman, SE, jumlah penumpang yang menggunakan angkutan udara masih sedikit. Sehingga tak sesuai harapan pihak PT Wins Air.

Dikatakan Irpan penerbangan sempat ditutup pada Januari bulan lalu. Dan Februari diupayakan dibuka kembali setelah dilayangkan permohonan dari UPBU Mukomuko. Dengan jadwal terbang berubah, dari setiap hari menjadi hanya tiga kali dalam satu minggu. Yakni Senin, Jumat dan Minggu.

Namun faktanya, meski sudah dikurangi harinya, namun sayangnya pesawat Wings Air belum juga menerbangi langit Mukomuko. Karena menilai, jumlah penumpang masih minim dibandingkan dengan operasional yang harus mereka keluarkan.

“Gimana mereka (Wings Air) mau terbang, penumpang yang pesan tiket pada tanggal 1 Februari itu cuma dua orang. Ini penerbangan reguler, maskapai tidak mau rugi. Sehingga baru kemarin Wings Air masuk ke Mukomuko lagi,” kata Irpan.

Dengan kondisi demikian, Irpansyah memprediksi, sangat tidak mungkin rute penerbangan Bengkulu–Mukomuko dihentikan total oleh pihak maskapai. Kalau sampai terjadi, sangat disayangkan. Pasalnya untuk membuka kembali, butuh perjuangan panjang lagi.

‘’Kata kuncinya, supaya penerbangan ini tetap berlanjut, jumlah penumpang jangan sampai membuat perusahaan maskapai Wings Air sempat merugi. Kalau penghasilan lebih kecil dari modal operasional, pilihan terbaik bagi perusahaan adalah menutup rute,” ujar Irpan.

Diharapkan Pemkab Mukomuko merespon kondisi yang ada. Diantaranya langkah yang bisa dilakukan Pemkab, bisa melakukan langkah dengan cara membooking tiket selama setahun. Pemkab Mukomuko harus membangun pasar dari kalangan pejabat pemerintah terlebih dulu.

“Yang saya maksud, bukan subsidi. Tapi bagaimana mengatur dana Perjalanan Dinas (Perdin) pejabat, dijadwalkan menggunakan pesawat selama satu tahun ini atau namanya booking tiket,” saran Irpan.

Pemkab Mukomuko juga bisa menggandeng perusahaan besar di Mukomuko supaya bersama-sama ghidupkan angkutan udara yang sudah dibuka. ‘’Dengan booking tiket lebih setengah dari jumlah bangku yang tersedia kemungkinannya bisa dilobi bisa ambil harga tiket termurah. Intinya, tujuan booking tiket ini untuk mempertahankan rute penerbangan Bengkulu–Mukomuko dan sebaliknya,” demikian Irpan.(hue)

Berita Lainnya

Keuntungan Habis untuk Bayar Utang BUMD

MUKOMUKO – Usaha milik salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Mukomuko, PT. Mukomuko ...

error: Content is protected !!