Rabu , 26 Juni 2019
Home / Metropolis / Perjuangan Fatmawati Patut Diangkat ke Layar Lebar

Perjuangan Fatmawati Patut Diangkat ke Layar Lebar

DILANTIK: Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu, Hj. Derta Wahyulin Rohidin, A.Ks resmi dilantik, Senin (11/2) di Balai Semarak Bengkulu.

BENGKULU – Gubernur Bengkulu, Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA mengatakan, perjuangan ibu negara pertama Fatmawati, putri asal Bengkulu patut diangkat ke layar lebar. Sebab Fatmawati, di usia mudanya mampu mendampingi Presiden RI pertama Ir. Soekarno disaat negara belum begitu stabil. Bukan hanya sukses mendampingi kepala negara, dia juga sukses mengeluarkan ide kreatifnya, jauh sebelum Indonesia merdeka sudah memikirkan bendera pusaka.

Fatmawati merupakan ibu negara satu-satunya yang menjahit bendera pusaka. Dari rahimnya juga lahirnya presiden RI selanjutnya yakni Megawati Soekarno Putri. “Kisah perjuangan beliau ini patut diangkat dalam layar lebar. Saya harap ibu Erni Guntari Tjahjo Kumolo, Ketua Umum PKK bisa memfasilitasi ini berbincang dengan ibu negara untuk pembuatan film ini,” terang Rohidin saat menghadiri pelantikan Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu, Hj. Derta Wahyulin Rohidin, A.Ks di Balai Semarak Bengkulu, Senin (11/2).

Dia mengatakan peran PKK yang diisi oleh kaum ibu sangat strategis dalam membantu pemerintah menjalankan roda pemerintahan. Jika semangat Fatmawati ini digelorakan oleh PKK maka ini akan sangat efektif. “Peran PKK sangat penting,” ujarnya.

Rohidin mengatakan, kegiatan PKK ini luar biasa, seluruh lingkup kemasyarakatan ditangani. Seperti, kesehatan, pangan dan lainnya. Keberadaan PKK ini merupakan penunjang mitra utama pemerintah sehingga jalannya pemerintah menjadi lancar. Program yang dicanangkan oleh PKK sungguh bermanfaat. Agar kegaiatan pembangunan menjadi produktif dan dirasakan masyarakat.

“Kompleksnya menu kegiatan PKK ini saya minta supaya program strategis PKK ini segera disinergikan. OPD harus support berikan jalan sehingga program PKK berjalan dengan baik. Jika terkait dengan pangan, Dinas Ketahanan Pangan yang akan menjadi leader dan lainnya. Ajak mereka membahas mulai masalah anggaran untuk kegiatannya dan supporting-nya,” kata Rohidin.

Dengan ini, program PKK langsung nyambung dengan OPD teknis yang ada. Pemprov merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah. Sedangkan yang punya wilayah adalah kabupaten kota. Sehingga program PKK harus lebih banyak turun ke kabupaten kota, baik itu monitoring dan lainnya. Sebab target dari seluruh program PKK ini ada di kabupaten kota, yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Bersama dengan organisasi wanita lainnya, dengan tujuan akhirnya nanti membentuk keluarga yang tangguh,” katanya.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa juga harus terbuka dengan PKK. Bicarakan masalah program dan pertanggungjawaban. “Komunikasikan mulai perencanaan dan program,” perintah Gubernur.

Sementara itu, Ketua Umum TP PKK, Erni Guntari Tjahjo Kumolo mengatakan, dengan dilantiknya ketua TP PKK Provinsi Bengkulu, sebagai mitra kerja pemerintah, mendukung pemerintah dalam melaksanakan kebutuhan hidup manusia sejak masih dalam kandungan hingga Lansia. “Program PKK senantiasa sinergis dengan pemerintah daerah,” terang Erni yang juga istri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ini.

Segenap jajaran PKK mesti memahami program pemerintah dari Pemda, pemetaan untuk mengetahui bagaimana program PKK dapat dilaksanakan. “Ini perlu dicermati oleh tim pelaksananya,” katanya. (del)

Berita Lainnya

Gelombang Tinggi Hantam Laut Bengkulu

BENGKULU – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Pulau Baai Bengkulu kembali merilis ...

error: Content is protected !!