Kamis , 21 Februari 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Rusak Berat, Truk Sampah Bakal Dilelang

Rusak Berat, Truk Sampah Bakal Dilelang

BAKAL DILELANG: Sejumlah mobil operasional di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepahiang, bakal dilelang lantaran kondisi yang rusak parah.

KEPAHIANG – Sebanyak 3 unit truk pengangkut sampah di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepahiang, rencananya akan dilelang dalam waktu dekat ini. Hal ini dilakukan lantaran ketiga unit kendaraan operasional tersebut mengalami kondisi rusak parah dan sulit untuk diperbaiki lagi.

Menurut Kadis DLH Kepahiang, Mukhtar Yatib, S.Pd melalui Sekdis DLH, Teddy Adeba, ST, saat ini jumlah mobil pengangkut sampah yang dimiliki DLH adalah sebanyak 8 unit. Tiga unit diantaranya masuk kategori rusak berat sehingga tidak bisa dioperasikan lagi.

“Ya ada 3 unit mobil operasional kita untuk pengangkutan sampah mengalami rusak berat, bahkan tidak bisa lagi beroperasi. Hal inilah yang menjadi alasan kita untuk melakukan pelelangan terhadap aset negara tersebut,” ujar Teddy, kemarin (11/2).

Adapun 3 unit mobil pengangkut sampah tersebut terdiri dari 2 unit dump truck dan 1 unit mobil ambrol. Ketiganya sudah tidak dapat difungsikan sejak beberapa tahun lalu, dan saat ini dalam rencana akan kita usulkan ke BKD bagian aset untuk proses lelang.

“Untuk berapa harga unit yang akan dilelang nantinya, itu nanti bagian aset yang akan menentukan sesuai dengan proses pelelangannya,” jelas Teddy.

Disisi lain, kendala anggaran masih dialami DLH Kabupaten Kepahiang, yang pada 2019 ini hanya mendapatkan kucuran dana APBD sebesar Rp 4,9 miliar. Jumlah Anggaran tersebut sama besarnya dengan anggaran yang diterima dari APBD 2018 lalu.

Kendati anggaran yang diterima tahun 2019 sama dengan tahun 2018, namun menurut Teddy, pihaknya tetap akan berupaya sebaik mungkin untuk tetap bekerja menunjang program pembangunan yang dicanangkan oleh Bupati Kepahiang.

“Seperti itulah kemampuan keuangan daerah kita, dan mau tak mau kami harus mengoptimalkan apa yang ada,” ungkap Teddy.

Ia menuturkan bahwa dari anggaran yang ada tersebut, nantinya akan banyak terserap untuk belanja pegawai dan operasional. Selain itu di tahun 2019 mendatang ada beberapa pengadaan fisik yang akan dilakukan DLH. Salah satunya adalah pengadaan mobil operasional truk sampah untuk membantu penanggulangan masalah kebersihan yang ada di Kabupaten Kepahiang.

“Ya memang ada beberapa pengadaan fisik rutin yang akan kita adakan di tahun 2019 mendatang. Namun belum bisa kita pastikan nantinya pengadaan tersebut apakah berupa truk atau kontainer, tergantung pada anggaran yang ada saja,” demikian Teddy. (sly)

Berita Lainnya

Kuota Haji Tidak Bertambah

KEPAHIANG – Rencana Pemkab Kepahiang untuk menambah kuota haji tahun 2019, hingga saat ini belum ...

error: Content is protected !!