Rabu , 23 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Warga Minta Ganti Rugi

Warga Minta Ganti Rugi

BENTENG – Diduga jadi korban pencemaran limbah batu bara PT Bara Mega Quantum (BMQ) di Desa Rindu Hati hingga Desa Surau Kecamatan Taba Penanjung, warga pemilik lahan minta ganti rugi pada perusahaan. Karena sawah mereka tidak bisa digarap maksimal. Warga Desa Rindu Hati, Hasan mengaku luasan sawah yang tercemar mencapai puluhan hektare.

“Karena lumpur akibat pencucian batu bara hanyut dan masuk ke areal sawah warga. Irigasi lahan sawah tertimbun, sehingga tidak bisa mengalirkan air lagi. Akibatnya petani menderita kerugian, sebab tidak bisa maksimal menggarap sawah,” beber Hasan.

PT BMQ melalui Humasnya, Ferry mengatakan perusahaan akan mengakomodir tuntutan warga jika sawahnya rusak akibat kegiatan mereka. Untuk membuktikan yang disampaikan warga akan melakukan kajian dan memantau di lapangan. “Lahan sawah yang terkena dampak juga akan dicek,” terang Ferry.

Selain akan mengakomodir permintaan warga atas lahan yang rusak, juga telah ada dilakukan keeepakatan seperti kompensasi untuk hasil panen yang rusak serta perbaikan tanggul atau drainase yang tertimbun lumpur pencucian batu bara. Ferry juga memastikan tuntutan warga tersebut akan jadi evaluasi bagi mereka untuk pengelolaan limbah. “Teguran ini akan kami perbaiki, supaya tidak merugikan warga,” demikian Ferry.(vla)

Berita Lainnya

Badan Anggaran Dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Mulai Bahas Kebijakan Umum Anggaran- Prioritas Plafon Anggaran Sementara

BENTENG – Badan Anggaran DPRD Benteng dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah, Selasa (22/10) mulai membahas ...

error: Content is protected !!