Jumat , 26 April 2019
Home / Daerah / Seluma / 13 Desa Terima Program BSPS

13 Desa Terima Program BSPS

SELUMA – Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Seluma kembali menjalan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi khusus daerah tertinggal tahun 2019. Dipastikan ada enam desa yang akan menerima program dari Kementerian PUPR tersebut. Selain itu ada tujuh desa lainnya mendapat program serupa tapi dari Satker Provinsi Bengkulu.

‘’Jadi ada 13 desa yang akan menerima program BSPS tahun 2019 ini yang anggarannya dari DAK Afirmasi dan Satker Provinsi Kementerian PUPR,’’ terang Kadis Perkim Seluma, Erlan Suandi, S.IP, M.AP saat ditemui RB di ruang kerjanya, kemarin (12/2).

Dijelaskan Erlan, untuk DAK Afirmasi total anggaran yang dikucurkan sebesar Rp 2,5 miliar lebih untuk renovasi atau bedah 145 rumah tak layak huni. Sedangkan untuk program BSPS dari Satker Provinsi Bengkulu sebesar Rp 3,1 miliar untuk 179 unit rumah tak layak huni.

‘’Sesuai RAB nya, per unit rumah akan mendapat bantuan Rp 17,5 juta. Rincinannya Rp 15 juta berupa material bangunan dan Rp 2,5 juta untuk upah tukang pembangunan rumah,’’ jelas Erlan.

Untuk pengerjaan rumah program BSPS ini lanjut Erlan, dilakukan secara swadaya oleh masyarakat. Untuk biaya atau upahnya sesuai ketentuan dan aturannya, maksimal Rp 2,5 juta.

‘’Jadi masyarakat desa penerima bantuan program BSPS ini harus membuat kelompok. Kelompok inilah yang nantinya secara bersama-sama membangun dan mengerjakan rumah tersebut,’’ kata Erlan.

Tambahnya, dalam melaksanakan program ini Disperkim Seluma hanya sebagai fasilitator atau pelaksana program BSPS. Untuk urusan keuangan, langsung dikelola oleh Kementerian PUPR.

‘’Penerima program harus membuat rekening bank secara berkelompok. Nanti semua uang untuk program BSPS ini akan ditransfer melalui rekening kelompok tersebut,’’ ucap Erlan.

Adapun 13 desa penerima bantuan program BSPS tahun 2019, untuk BSPS DAK Afirmasi meliputi Desa Pajar Bulan, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM), Desa Tumbuan, Kecamatan Lubuk Sandi. Lalu Desa Air Periukan, Kecamatan Air Periukan dan Desa Air Teras, Kecamatan Talo. Dua lainnya Desa Nanti Agung dan Desa Dusun Baru, Kecamatan Ilir Talo.

Sementara tujuh desa yang anggarannya dari Satker Provinsi Bengkulu yakni Desa Rimbo Besar, Maras Jauh, Muara Maras dan Desa Talang Kemang, Kecamatan SAM. Lalu Desa Margosari dan Rawa Indah, Kecamatan Ilir Talo.

“Untuk program BSPS yang anggarannya dari Satker Provinsi Bengkulu, jumlah desanya penerimanya bisa berubah tergantung keputusan Satker Provinsi. Sementara dari DAK Afirmasi, enam desa tersebut sudah positif sebagai penerima program BSPS ini,’’ demikian Erlan.(aba)

Berita Lainnya

PSU Dua TPS Sekalak Paling Lama 27 April

SELUMA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Seluma telah menyampaikan surat rekomendasi ke Komisi Pemilihan ...

error: Content is protected !!