Jumat , 19 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Budidaya Ikan Patin

Budidaya Ikan Patin

ARGA MAKMUR – Pemkab BU mulai melakukan pengembangan budidaya perikanan yang dikelola BUMDes. Selain ikan nila dan mas, Pemkab BU juga mengembangkan budidaya ikan patin di wilayah Minapolitan Padang Jaya.

Ada beberapa kelompok BUMdes di BU yang mengelola budidaya ikan patin dan menjadi binaan langsung Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Hal ini juga akan didukung penuh Pemkab BU.

“Memang saat ini pemerintah pusat tengah gencar untuk mengembangkan BUMdes. Itu sangat bagus untuk perekonomian di desa. Pastinya kita akan membantu pengembangannya,” kata Bupati BU, Ir. H. Mian.

Pemkab BU dan Kemendes PDTT juga bekerjasama dengan perusahaan eksportir ikan patin yang melakukan pengawasan langsung pengembangbiakan ikan patin di BU. Sehingga hasil panen ikan nantinya bisa sesuai dengan standar ekspor.

“Kita sudah banyak kelompok yang mendapatkan bantuan bibit. Dalam pengembangbiakan juga kita awasi sehingga memenuhi standar,” terang Mian.

Program pengembangbiakan ikan tersebut diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat desa. Sehingga ke depannya BUMdes pengembangbiakan ikan patin ini bisa menghasilkan pendapatan bagi desa yang digunakan untuk membangun desa. “Jika memang dari hulu ke hilir sudah terencana dengan baik seperti sekarang, kita optimis bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” ujarnya.(qia)

Berita Lainnya

APBD Bengkulu Utara Habis Untuk Bayar Gaji Pegawai

ARGA MAKMUR – Minimnya APBD Bengkulu Utara yang hanya Rp 1,2 triliun tentunya menjadi sulit ...

error: Content is protected !!