Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Dapat Perlakuan Khusus

Dapat Perlakuan Khusus

CURUP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong (RL) memastikann penyandang disabilitas akan mendapatkan perlakukan khusus pada pelaksanaan Pemilu April 2019 mendatang. Dimana diketahui dari data terakhir ada 441 pemilih Sekabupaten RL yang merupakan penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus.

Dijelaskan Komisioner KPU RL Lusiana, S.Pd.I kepada RB, rincian dari 441 penyandang disabilitas tersebut, masing-masing penyandang Tuna Grahita 81 0rang, penyandang Tuna Netra 109 0rang dan penyandang Tuna Daksa 75 orang. Serta penyandang Tuna Ganda 56 orang, penyandang Tuna Wicara 34 orang dan penyandang Tuna Rungu mencapai 86 orang.

Para penyandang disabilitas ini, sambung Lusiana, akan mendapatkan perlakuan khusus saat hari pencoblosan. Selain boleh didampingi keluarganya saat mencoblos, juga akan dibantu oleh petugas KPPS serta mendapatkan penjelasan serta pengarahan sebelum mereka masuk ke bilik suara untuk mencoblos.

‘’Jadi memang ada perlakukan khusus bagi para penyandang disabilitas saat hari pencoblosan nantinya. Perlakuan khusus ini disesuaikan dengan kondisi atau disabilitas apa yang mereka sandang. Seperti penyandang Tuna Grahita, sebelumnya dilakukan pendataan terlebih dahulu. Kemudian dikumpulkan untuk diberikan pengarahan sebelum melakukan pencoblosan,’’ imbuh Lusiana.(dtk)

Berita Lainnya

Giliran Hutan Madapi Terbakar

CURUP – Kebakaran lahan kosong terus saja terjadi di berbagai wilayah kecamatan. Jika sebelumnya terjadi ...

error: Content is protected !!