Sabtu , 25 Mei 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Disdikbud Bantah Penumpukan Guru

Disdikbud Bantah Penumpukan Guru

KEPAHIANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepahiang mengakui Kabupaten Kepahiang masih kekurangan tenaga guru di sejumlah SD dan SMP. Namun Disdikbud membantah bahwasa kekurangan tersebut disebabkan adanya penumpukan guru di sejumlah sekolah di perkotaan dan sekolah favorit.

Diungkapkan Plt Kepala Disdikbud Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd, minimnya tenaga pendidik bukan karena ada penumpukan guru di sekolah-sekolah di Kecamatan Kepahiang atau di perkotaan Kepahiang, melainkan saat ini jumlah guru masih sangat sedikit dibandingkan jumlah kelas di setiap sekolah. Hal inilah yang menginisiasi beberapa sekolah yang akhirnya merekrut tenaga guru honorer.

“Kita sudah lakukan pengecekan di seluruh sekolah, baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan. Tidak ada penumpukan guru, hanya saja memang jumlah guru d khususnya di beberapa kecamatan masih terbatas,” jelas Hartono.

Diungkapkan Hartono, kebutuhan guru untuk satu SD jika dihitung normalnya ada 6 kelas ditambah satu guru olahraga dan satu agama. Sedangkan di pusat kota seperti SD komplek perkantoran, ada sekolah yang memiliki 12 kelas. “Untuk 12 kelas di SD terdekat dengan kompleks perkantoran ini saja dibutuhkan minimal 18 guru. Saat ini justru jumlah gurunya belum mencapai angka tersebut. Jadi tidak ada penumpukan guru,” ujar Hartono.

Hartono menambahkan, berkurangnya jumlah guru di Kabupaten Kepahiang ini juga disebabkan setiap tahunnya banyak guru yang memasuki masa pensiun. Selain itu sudah 2 tahun terakhir Kabupaten Kepahiang tidak melakukan perekrutan tenaga guru karena tidak ada seleksi CPNS.

“Namun sekarang ada harapan baru buat kita, dimana ada 160 orang calon guru yang lulus seleksi CPNS tahun 2018 lalu. Mereka akan segera bertugas,” jelasnya.(sly)

Berita Lainnya

Dinas PUPR Klaim Sudah Ajukan Dokumen Lelang

KEPAHIANG – Plt Kepala Dinas PUPR Kepahiang Rudi Andi Silaloho, ST mengaku pihaknya sudah menyampaikan ...

error: Content is protected !!