Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Breaking News / Kamu Pejuang SNMPTN? Passionate di Bidang Seni Maupun Olahraga, Siapkan Amunisinya

Kamu Pejuang SNMPTN? Passionate di Bidang Seni Maupun Olahraga, Siapkan Amunisinya

Hi Youthz-readers pendaftaranSNMPTN udah di buka nih , apa kamu sudah siap untuk mendaftarkan diri? Eitss sebelum itu kamu harus memperhatikan syarat dan ketentuannya ya,  terutama untuk masuk ke jurusan seni dan olahraga. Untuk masuk ke bidang ini kamu harus siapkan beberapa dokumen-dokumen yang di minta panitia penyelenggara atau di sebut dengan portofolio. Berikut hal yang harus kamu persiapkan sesuai denga jurusan yang tertera.

SENI RUPA-DESAIN-KRIYA

Kamu passionate di bidang kriya? Ayo coba masuk jurusan ini lewat SNMPTN, selain mengikuti alur pendaftaran pada umumnya kamu harus prepare ketentuan yang tercantum dalam portofolio seperti Karya Gambar Naratif sesuai tema/soal, biasanya di buat dalam format hitam putih. Karya gambar komposisi 4 benda juga harus di cantumin ya gengs di buat sesuai tema dan berwarna.Kamu juga harus punya karya sesuai prodi yang diminati berupa 2D dan 3D. Jangan lupa cantumkan data-data prestasi yang pernah kamu raih, untuk yang satu ini optional ya gengs.

SENI TARI

Buat kamu yang punya bakat alamiah di bidang ini , you need thank to God.  Udah gak di pungkiri lagi di era milenial gini industri kreatif lagi naik daun banget,  dance jadi salah satu part yang hype abiss. Nah jurusan berikut ini perlu kamu pertimbangkan. Untuk masuk SNMPTN bidang ini kamu harus siapin rekaman video menari tunggal berupa tari tradisional daerah setempat , selain itu siapin juga video rekaman tari tunggal kreasi  ya. Keduanya berdurasi 2-3 menit gengs. Eitss jangan lupa tuliskan deskripsi diri tentang  pengetahuan dan pengalaman kamu di bidang tari, di buat dalam format PDF. Kamu juga boleh mencantumkan data-data raihan prestasi yang kamu punya.

SENI MUSIK

Para calon musisi nih mesti banget siapin amunisi buat masuk jalur SNMPTN.  Jalur ini bakal mempermudah kamu meraih mimpimu sobat. Kamu sering menang lomba band, menyanyi solo kah atau paduan suara? Disini nih saatnya piagam kamu di manfaatkan, tapi kalo gak ada it’s okay ya gengs.Yang Kamu harus siapin rekaman video menyanyi lagu nasional gengs untuk persyaratanya, dont worry jenis lagunya di sediakan pihak penyelenggara. Yang gak kalah penting juga kamu mesti siapin rekaman video memainkan alat musik lagunya bebas nih gengs. Selanjutnya video rekaman menirukan melodi dan ritmik,  soal di sediakan. Jangan lupa tulis juga deskripsi diri tentang pengalaman kamu di bidang musik ya dalam bentuk PDF.

KARAWITAN

Mungkin bagi sebagian orang gak ngeh kalo jurusan ini ternyata ada loh di SNMPTN. Langsung aja kalo gitu, buat kamu yang passionate di jurusan ini buruan deh siapin rekaman video menyanyi atau menembang jenis macapat/papuh/kawih/dendang maksimal 3 menit ya gengs. Tak lupa pula video memainkan alat musik serta video menirukan melodi dan ritmik mesti kamu siapin masing-masaing satu ya. Cantumkan juga data prestasi jika ada, dan tuliskan deskripsi diri kamu tentang pendidikan atau pengalaman dalam musik dan karawitan tentunya dalam format PDF. Good luck!

MUSIKOLOGIETNO

Nama jurusan yang satu ini mungkin kurang familiar di telinga sebagian youthz, tapi jangan salah bidang ini juga menawarkan masa depan yang menjanjikan loh. Nah yang harus kamu persiapin untuk masuk jurusan kece ini adalah deskripsi diri yang berisi pengalaman dan tujuan kamu ambil etnomusikologi ini, sertakan juga bukti prestasi yang kamu punya ya sebagai dokumen pendukung. Yang gak kalah penting, kamu harus mempersiapkan rekaman video menyanyikan lagu budaya nusantara ataupun mancanegara, durasi maximal 3 menit. Kamu juga harus prepare video menirukan melodi dan ritmik serta video memainkan alat musik, kamu bisa pilih apa aja alat musik kesukan kamu, gitar, bass, violin as long as itu mewakilkan diri kamu banget. Jangan khawatir, pilihan lagu nya juga bebas kok gengs jadi kalian bisa berekspresi  sekreatif mungkin.

TEATER

Dunia peran dan lakon selalu menarik nih buat di kulik, buat kamu yang punya ketertarikan lebih dalam bidang ini, gak ada salahnya dari sekarang di persiapin syarat menjadi bagian dunia pentas. Untuk masuk ke jurusan teater kamu harus mulai belajar nulis puisi, prosa atau naskah pendalangan nih gengs around 250-350 kata. Siapin juga rekaman penampilan kamu sesuai pilihan program studi. Untuk prodi teater siapin video monolog kamu yang nanti teksnya bakalan di sediain. Untuk prodi seni pendalangan kamu harus punya rekaman peragaan memainkan wayang, materinya bebas sesuai dengan fragmen dalam lakon pewayangan. Jangan lupa tuliskan deskripsi diri tentang pengetahuan dan pengalaman kamu dalam ranah pertunjukan ataupun pendalangan sertakan juga bukti prestasi sebagai dokumen pendukung.

FOTOGRAFI

Jurusan satu ini lagi di gandrungi juga nih di kalangan Youthz, pasalnya jurusan visual art  ini  gak ada matinya bahkan terus berkembang seiring globalisasi. Ungkapan yang biasa kita dengar di kalangan milenial yakni  “no picture=hoax” mengindikasikan banget betapa pentingnya potrait camera dalam segala lini. Kamu yang punya minat disini harus siapin 3 karya foto berwarna yang temanya di tentukan dan 2 foto berwarna dengan tema bebas, jangan lupa sertakan juga file aslinya ya gengs. Di samping itu, kamu juga harus buat satu rekaman video deskripsi diri yang di dalamnya memuat biodata kamu, pemahaman tentang fotofragi, tujan dan visi kamu ngambil pendidikan ini serta penjelasan judul/ide/teknis pembuatan karya foto.  Videonya di lampirkan dalam format mp4 ya gengs. Jangan lupa data prestasi yang kamu punya turut sertakan ya,  ganbatte!

FILM & TELEVISI

Tertarik pada dunia broadcasting, perfilman atau punya intention jadi orang-orang balik layar yang kece abis. Kamu harus siapin persyaratan masuk jurusan ini buat memperdalam passion kamu. Pertama, yang harus kamu punya yakni karya dalam bentuk tulisan story telling, soal visualnya di sediakan pihak penyelenggara, ketentuan naskah 100-150 kata. Kedua, siapkan gambar sinematik yang berupa storyboard  soal atau naskahnya udah di sediain ya gengs kamu bisa cek di link nya langsung. Bakalan lebih mantep nih jika kamu udah pernah punya achievement di bidang tersebut, langsung aja di lampirin ya gengs.

OLAH RAGA

Yuhuu sport mania, nyesel deh kalo gak cek jurusan ini. Ada yang mau join kompetisi-kompetisi olahraga regional, nasional bahkan dunia? Jurusan satu ini bisa jadi alternatif kamu memperdalam bakatgengs. Apa aja sih yang harus kamu siapin untuk masuk jurusan ini? Satu, Kamu harus punya data informasi kesehatan yang valid ya gengs meliputi kondisi fisik, riwayat penyakit, catatan khusus(jika ada) dan pernyataan sehat/ tidak sehat) . Dua, Data keterampilan motorik juga harus di miliki seperti (lempar tangkap bola dalam 60 detik, push up dalam 60 detik, sit up dalam 60 detik, lari illinois agility run test, lompat vertikal tanpa awalan (dalam cm), dan lari 1500m). Seluruh data keterampilan motorik di tes dan diisikan raihannya oleh guru PJOK yang telah memiliki sertifikat guru. Selain itu kamu juga harus membuat rekaman video berisi perkenalan diri dalam posisi berdiri (sikap anatomis), cuplikan pelaksanaan tes kebugaran tiap itemnya, dan rekaman penampilan terbaik peserta dalam salah satu cabang olahraga. Jangan lupa gengs sertakan juga dokumen raihan prestasi yang dilengkapi surat rekomendasi pihak berwenang.

Nah Youthz itu dia ketentuan umum yang harus kamu penuhi untuk masuk jurusan di bidang seni dan olahraga, pelampiran dokumen dilaksanankan bersamaan dengan pendaftaran SNMPTN pada 4-24 Februari. Keterangan lebih lanjut dapat di cek melalui laman resmi https://web.snmptn.ac.id/ info lengkap mengenai portofolio dapat di akses di https://snmptn.ac.id/informasi.html?1426322267 mulai di cicil dari sekarang ya gengs syaratnya, siapa tahu kamu bisa lolos melalui jalur SNMPTN untuk jurusan-jurusan kece di atas, semoga berhasil. (edm)

Berita Lainnya

Berbagi Pada Sesama, Astra Motor Bengkulu Adakan Donor Darah

BENGKULU– Astra Motor Bengkulu kembali menyelenggarakan kegiatan donor darah rutin 3 bulanan, Jumat (23/8). Kegiatan ...

error: Content is protected !!