Rabu , 21 Agustus 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Kedepankan Pencegahan Korupsi

Kedepankan Pencegahan Korupsi

MUKOMUKO – Kajari Mukomuko Agus Irawan Yustisianto, SH, MH lebih mengedepankan upaya pencegahan pada tindak pidana korupsi. Dibanding perlakukan penindakan korupsi di Mukomuko. Kejari Mukomuko hanya mengedepankan penindakan, maka hal itu sangat mudah. Mungkin saja, hampir setiap hari banyak pejabat diproses dan masuk penjara.

Agus tidak sejalan dengan program Nawacita yang diprogramkan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo. “Itulah sebabnya dalam penanganan  kasus ini, kami lebih mengedepankan pencegahan. Kami telah mengerahkan tim untuk masuk ke semua lini guna melakukan upaya pencegahan itu,” terang Kajari.

Dari hasil upaya pencegahan tindak pidana korupsi yang dapat merugikan uang negara, hasilnya dapat dilihat. Angka tindak pidana korupsi di Mukomuko menurun drastis. Kejari Mukomuko telah dapat nilai plus dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu maupun Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, atas keberhasilan dalam pencegahan kasus ini.

“Kalau kami menemukan dugaan korupsi, juga mengedepankan pengembalian uang yang dikorupsi itu. Dari hasil upaya ini, sudah ratusan juta uang negara dapat diselamatkan,” terangnya.

Meski begitu, Kajari tetap akan memproses sesuai hukum yang berlaku. Terutama bagi pelaku yang dengan sengaja melakukan tindak pidana tersebut. “Kalau awalnya sudah kita ingatkan, dan mereka masih melakukan tindak pidana itu maka tidak ada pilihan lain. Yang bersangkutan akan kita proses sesuai hukum yang berlaku,” tegas Kajari.(hue)

Berita Lainnya

Empat PR Anggota Dewan Baru

MUKOMUKO – 24 Anggota DPRD Mukomuko periode 2019-2024, Selasa (20/8) dilantik dengan mengambil sumpah janji ...

error: Content is protected !!