Senin , 19 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Linmas Amankan Pemilu dan Lindungi Masyarakat

Linmas Amankan Pemilu dan Lindungi Masyarakat

LINMAS: Bupati BU, Ir. H. Mian melantik petugas Linmas yang akan bertugas pada Pemilu 17 April 2019.

ARGA MAKMUR – Bupati Bengkulu Utara (BU). Ir. H. Mian melantik 1.808 petugas Linmas desa di halaman Pemkab BU, kemarin. Linmas ini dilantik sekaligus diberikan pelatihan untuk pengamanan Pemilu 17 April mendatang. Mereka dilatih langsung oleh polisi dan Satpol PP.

Bupati BU, Ir. H. Mian menuturkan peran Linmas sangat penting untuk masyarakat. Dalam jangka panjang, ia minta Linmas kembali aktif di desa-desa sebagaimana mestinya untuk keamanan pada masyarakat.

“Program seperti 24 jam wajib lapor, pengamanan desa dan lingkungan, itu sangat penting dan harus dikembalikan lagi setelah adanya Linmas desa,” terangnya.

Saat ini yang terpenting adalah Linmas dibentuk untuk ikut serta langsung dalam pengamanan pemilu terutama di TPS-TPS. Mian berharap pada Linmas yang berada langsung di tengah masyarakat untuk menciptakan pemilu yang damai dan aman, terutama saat pemungutan suara.

“Linmas sudah dibekali pengetahuan tentang pengamanan pemilu oleh Satpol PP dan Kesbangpol. Pastinya Linmas bisa melaksanakan tugas pengamanan pemiliu dengan baik,” katanya.

Pemkab BU juga akan terus menggelar pelatihan bagi Linmas setiap tahun. Mian juga memerintahkan langsung Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) untuk berkonsultasi dengan desa terkait kemungkinan penganggaran seragam Linmas.

“Saya minta Maret mereka sudah mendapatkan seragam. Sehingga saat mereka bertugas di TPS mereka bisa menggunakan seragam Linmas lengkap,” harapnya.

Setelah pemilu, ia juga meminta Linmas ikut aktif langsung dalam menjaga keamanan desa. Ia tidak ingin ada desa yang justru terkenal dengan hal yang negatif terutama terkit kasus kriminalitas. “Limas bisa bekerjasama dengan Babinkamtibmas dan Babinsa untuk menciptakan desa yang aman. Linmas yang berada di desa harus tahu potensi permasalahan terutama keamanan di desa,” imbau Mian.(qia/prw)

Berita Lainnya

Dua Kasus DD Akan Diusut

ARGA MAKMUR – Selain sudah menjebloskan satu Kepala Desa (Kades) ke penjara dan satu lagi ...

error: Content is protected !!