Rabu , 21 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Manasik Haji Menunggu Jadwal

Manasik Haji Menunggu Jadwal

BENTENG – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Benteng, masih belum menjadwalkan untuk pelaksanaan Manasik haji bagi 92 orang Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Benteng. Selain jadwal yang memang belum ada dari pusat, dana belum dikirim dari BPKH ke rekening PAOH Kemenag.

“Nanti diberitahukan jika sudah ada,” terang Kepala Kantor Kemenag Benteng, H Sipuan S.Ag.

Demikian juga, jumlah dana resmi masing-masing CJH untuk keberangkatan haji tahun ini belum diketahui. Jika hal tersebut sudah ditetapkan, maka bisa melakukan proses beberapa tahapan, mislanya manasik haji. “Semua diputuskan oleh pusat, dan daerah hanya menjalankan saja,” ujarnya.

Meski demikian, Sipuan berharap bagi jemaah yang memperoleh jadwal keberangkatan tahun ini untuk bersiap. Misalnya dengan memperbanyakd an memperdalam kajian mengenai badah haji. Hal ini bisa didapat melalui berbagai lembaga penyeleggaraan ibadah haji yang resmi diakui peemrintah.

Tujuannya, jika sudah diberangkatkan maka sduah bisa mengerti dan memahami rangkaian ibadah haji yang akan dijalani. Untuk musim haji tahun ini, Kabupaten Benteng sudah tahun ketiga mendapatkan kuota sebanyak 92 orang dan sudah bisa diberangkatkan melalui pemerintah daerah sendiri. Sebelumnya, kuota haji Benteng hanya 90 orang dan masih menginduk ke Bengkulu Utara (BU).

Hal ini tak lepas dari Siskohaj yang sudah ada di Kantor Kemenag Benteng. Dengan hal itu, warga Benteng yang ingin mendaftar haji sudah melalui daerah sendiri, dan tidak langi menginduk ke Sishohaj daerah lain yang dulunya yakni BU. “Berbagai kemajuan terus diupayakan, termasuk sistem keberangkatan dan jumlah kuota,” demikian Sipuan.

 

Siapkan Dokter

Smenetara itu, managemen RSUD Benteng turut mendukung proses pemeriksaan kesehatan untuk Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Benteng. Salah satunya dengan mempersiapkan dokter spesialis seperti penyakit dalam. “Beberapa item pemeriksaan akan dilakukan oleh Dokter spesialis,” terang Direktur RSUD Benteng, dr Listikarini Hillen Widiastuti.

Dijelaskannya, untuk pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan fisik lengkap, EKG/Rekam jantung, radiologi/rontgen, pemeriksaan laboratorium, dan hal yang belum pernah dilakukan pemeriksaan tahap pertama lalu. Untuk menjalankan hal tersebut, akan dibentuk tim yang terdiri dari dokter spesialis, radiologi, bagian poli umum dan bagian laboratorium.

“Semua akan bekerja sesuai dengan bidangnya untuk memeriksa kesehatan CJH,” ujarnya.

Mengenai jadwal pemeriskaan tahap kedua ini, masih akan dikoordinasikan dengan pihak terkait mulai dari Kantor Kemenag Benteng, dan juga jemaah haji khususnya. Namun, Hillen menargetkan paling lambat dikahir bulan ini sudah dilaksanakan kegiatan dengan melibatkan dokter-dokter spesialis.

“Tahap kedua semuanya RSUD yang menangani pemeriksaan kesehatan CJH,” demikian Hillen.(vla)

Berita Lainnya

7.600 Hektare Lahan Pertanian Kekurangan Air

BENTENG – Sekitar 7600 hektare lahan pertanian di Kabupaten Benteng saat ini kekurangan air karena ...

error: Content is protected !!