Kamis , 21 Februari 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Piutang Capai Rp 5 Miliar

Piutang Capai Rp 5 Miliar

ARGA MAKMUR – RSUD Arga Makmur terancam tidak bisa melayani pasien yang dijamin BPJS Kesehatan terhitung Maret mendatang. Hal ini disebabkan tunggakan klaim BPJS Kesehatan pada RSUD Arga Makmur mencapai Rp 5 miliar.

Direktur RSUD Arga Makmur, Jasmen mengatakan piutang BPJS Kesehatan tersebut sejak November 2018 hingga Februari ini. RSUD sudah mengajukan permohonan pembayaran namun hingga kini belum dibayar. “Kami masih menunggu dan berharap segera dibayar, totalnya mencapai Rp 5 miliar. Kami sangat membutuhkan itu karena terkait dengan pelayanan,” terangnya.

Ia menuturkan sampai saat ini pelayanan BPJS Kesehatan bisa dilakukan. Stok obat BPJS yang disiapkan RSUD juga masuk cukup diperkirakan hingga akhir bulan ini. Namun jika piutang tak dibayarkan hingga Maret, ia meyakini RSUD akan kehabisan stok obat. “Kita berharap dalam waktu dekat ini dibayarkan sehingga bisa menggunakan dana itu untuk berbagai hal terkait BPJS, termasuk obat. Obat kita bertahan paling lama akhir bulan ini,” terang Jasmen.

Dikonfirmasi, Kepala BPJS Kesehatan Arga Makmur, Nanang Jayadi mengakui hal tersebut. Keterlambatan pembayaran ini lantaran adanya perubahan sistem pembayaran yang diwajibkan oleh auditor BPJS. Hal ini juga sudah disampaikan ke manajemen RSUD. “Kami sudah menyampaikan solusi pada RSUD. Kami pada intinya siap membayar, namun ada perubahan pola dari auditor kami yang juga harus kami penuhi,” terangnya.

RSUD diminta menggandeng bank yang bekerjasama dengan BPJS untuk pembayaran. Sehingga pembayaran bisa langsung dilakukan oleh bank dan nantinya BPJS membayar melalui bank. Ia berharap hal ini segera ada keputusan.

“Memang keterangan dari RSUD mereka tidak bisa mengikuti alur tersebut karena kendala rumah sakit pemerintah. Namun kita berharap segera ada solusinya,” pungkas Nanang.(qia)

Berita Lainnya

Main di Dermaga, 4 Bocah Tenggelam

PUTRI HIJAU – Topal (7) murid kelas 2 SD warga Desa Pasar Sebelat, Kecamatan Putri ...