Sabtu , 20 April 2019
Home / Daerah / Lebong / Sosialisasi KTR Belum Maksimal

Sosialisasi KTR Belum Maksimal

PELABAI – Dalam waktu dekat Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lebong akan menyosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Lebong Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Sejak disahkan, perda yang harusnya menyasar ke lima bidang itu baru disosialisasikan di RSUD Lebong. Alhasil, masih banyak masyarakat yang melanggar karena merasa belum tahu ada Perda KTR.

Padahal di bidang kesehatan, puskesmas dan klinik juga termasuk sasaran Perda KTR. Untuk bidang lainnya, perda KTR ini akan segera disosialisasikan ke seluruh perkantoran Organiasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Lebong. Termasuk sekolah, tempat ibadah, sarana olahraga tertutup, sarana bermain anak dan angkutan umum.

‘’Pokoknya perda ini akan kami sosialisasikan ke seluruh objek yang telah diatur,’’ ujar Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah, Dinas Satpol PP Kabupaten Lebong, Amiruddin, SE, M.AK.

Tidak terkecuali perkantoran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan swasta. Sesuai pasal 2 Perda KTR, objek KTR tidak hanya menyasar kepada perkantoran milik pemerintah. Perda itu masih sangat perlu disosialisasikan agar penegakan Perda KTR tidak menemui kendala.

‘’Namun untuk bisa sosialisasi ke objek-objek itu, masing-masing objek harus mengusulkan ke kami Satpol PP dan juga menyediakan kawasan bebas rokok di kantornya agar para perokok tidak merokok ke tempat yang dilarang,’’ jelas Amiruddin.

Terkecuali di lingkungan sekolah, seluruhnya harus benar-benar steril dari rokok. Khusus di RSUD yang telah dilakukan sosialisasi, Satpol PP akan menyiagakan 3 personel guna menindak setiap pelanggar. Soalnya sampai saat ini Satpol PP masih menerima laporan pihak RSUD yang mengatakan banyak keluarga pasien yang merokok di kawasan RSUD.

‘’Yang jelas untuk penerapan sanksi bagi pelanggar akan kami koordinasikan dulu ke pimpinan agar tidak memunculkan masalah baru di belakang hari,’’ tutup Amiruddin.(sca)

 

 

Berita Lainnya

Dalmuji, Eddy dan Mustarani Bersaing

PELABAI – Kabar soal Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara, Mustarani Abidin, SH, M.Si calon ...

error: Content is protected !!