Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Daerah / Lebong / Tahun Politik, TKK Berkurang

Tahun Politik, TKK Berkurang

PELABAI – Tahun ini jumlah Tenaga Kerja Kontrak (TKK) yang diberdayakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, turun. Sesuai usulan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Pemkab Lebong, jumlah TKK yang direkrut tahun ini mencapai 2.068 orang. Jumlah itu jauh berkurang dibanding perekrutan TKK tahun 2018 di Kabupaten Lebong yang mencapai 2.500 orang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lebong, H. Guntur, S.Sos tidak menampik penurunan jumlah TKK itu juga berkaitan dengan tahun politik. Namun bukan TKK yang dipolitisir, justru banyak TKK yang tidak perpanjang kontrak karena mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif (Caleg) Kabupaten Lebong dalam Pemilu 17 April. ‘’Yang jelas jumlah TKK yang diberdayakan itu sesuai dengan jumlah yang diusulkan masing-masing OPD,’’ kata Guntur.

Dipastikannya, penurunan jumlah TKK tidak begitu berpengaruh terhadap kinerja masing-masing OPD jajaran Pemkab Lebong. Mengingat OPD yang paling tahu berapa jumlah pegawai yang dibutuhkan. Justru jika jumlahnya ditetapkan oleh Pemkab Lebong, justru akan menimbulkan masalah karena belum tentu sesuai kebutuhan dan kemampuan anggaran masing-masing OPD. ‘’Kami BKPSDM hanya memproses SK (Surat Keputusan, red) TKK nya,’’ ungkap Guntur.

Jika tidak ada kendala, SK masing-masing TKK itu akan dibagikan secara kolektif, paling telat awal Maret. Namun masa kerja TKK tetap dihitung per Januari karena usulan perekrutan TKK oleh OPD sudah diterima BKPSDM sejak Desember 2018. ‘’Mudah-mudahan dengan jumlah TKK yang sekarang, kinerja OPD tetap maksimal. Justru itu kami harap seluruh TKK dapat bekerja sungguh-sungguh,’’ tukas Guntur.

Diketahui, honor TKK disesuaikan dengan ijazah pendidikan terakhir dan bidang kerja yang ditugaskan. Untuk lulusan SD honornya Rp 400 ribu per bulan. Lulusan SMP honornya Rp 450 ribu per bulan. Honor lulusan SMA Rp 500 ribu per bulan. Sedangkan honor lulusan DII Rp 550 ribu per bulan, DIII Rp 600 ribu per bulan dan S1 Rp 700 ribu per bulan. Khusus TKK yang bertugas sebagai operator komputer honornya Rp 1 juta per bulan dan petugas kebersihan Rp 800 ribu perbulan.(sca)

Berita Lainnya

Lelang Mobnas Banyak “Titipan”

PELABAI – Pelaksanaan lelang 79 unit mobil dinas (mobnas) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong besok, ...

error: Content is protected !!