Sabtu , 23 Februari 2019
Home / Daerah / Lebong / Truk PGE Terjebak Material Longsor

Truk PGE Terjebak Material Longsor

NYUNGSEP: Truk pengangkut peralatan PT. PGE Hulu Lais yang terjebak material longsor di Kecamatan Rimbo Pengadang sejak Senin malam (9/11), hingga kemarin (10/2) masih terbenam.

PELABAI – Material longsor di jalur lintas Tes-Curup yang belum sepenuhnya tuntas dibersihkan, kembali menimbulkan masalah. Jalan penghubung Kabupaten Lebong ke Kabupaten Rejang Lebong itu kemarin (12/2) tidak bisa dilewati kendaraan jenis truk karena lebih separuh badan jalan tertutup truk tronton milik rekanan PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) Proyek Hulu Lais yang terjebak material longsor.

Tak bisa melintas, berakibat banyak truk yang parkir di sepanjang jalan lintas Tes-Curup sehingga menimbulkan kemacetan lalu lintas. Kondisi jalan baru bisa dilintasi truk pada pukul 16.00 WIB setelah para sopir dan kernet truk gotong royong membersihkan tanah sisa material longsor di bahu jalan.

‘’Kami menyesalkan sikap pihak PGE yang terkesan tidak peduli truk mereka yang tepater menganggu jalan. Bahkan sopir truk PGE itu entah kemana orangnya,’’ ujar Nasar (45), sopir truk yang terpaksa menginap di jalan sejak Senin malam (11/2) pukul 23.30 WIB.

Kapolres Lebong, AKBP. Andree Ghama Putra, SH, S.IK melalui Kasat Lantas, Iptu. Panehan Washington Simamora mengimbau pengendara tetap waspada saat melintas di jalur Tes-Curup. Khususnya pengendara truk dimintanya tidak memaksakan melintas jika kondisi jalan belum memungkinkan dilewati.

‘’Bahaya longsor masih terus mengancam jalur pelintasan ini. Kami harap pengendara tidak nekat menerobos kalau ada longsor lagi agar tidak menimbulkan kemacetan,’’ ungkap Panehan.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong, Fachrurrozi, S.Sos, M.Si memastikan tetap akan membersihkan seluruh material longsor di badan jalan. Namun keterbatasan peralatan yang sepenuhnya masih mengandalkan bantuan alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHub), terpaksa pihaknya memprioritaskan pembukaan jalur yang tertutup total. ‘’Mohon maklum jika masih ada material longsor yang tersisa karena longsor kecil di sepanjang lintas tes-Curup sampai saat ini masih terus terjadi,’’ tandas Fachrurrozi. (sca)

Berita Lainnya

Bupati Lebong Ingatkan PNS Jangan Malas-Malasan

PELABAI – Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si meminta seluruh PNS di jajaran Pemerintah Kabupaten ...