Kamis , 21 Februari 2019
Home / Metropolis / UASBN Ada 11 Mapel

UASBN Ada 11 Mapel

BENGKULU – Selain mengikuti Ujian Nasional (Unas), sebanyak 6.406 peserta ujian SMP/MTS juga akan mengikuti Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN). Ada 11 mata pelajaran (Mapel) yang akan  diujikan dalam UASBN nanti. Terdiri dari 7 mapel yang akan disiapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu dan 4 mapel lainnya dari sekolah masing-masing.

Kasi Pembinaan SMP Dikbud Kota Bengkulu, Huteman Mulyadi, S.Pd, M.Si menerangkan ke-11 mapel yang akan diujikan pada UASBN tingkat SMP/MTS pada 8-13 April, yaitu Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPS, PKn dan Agama yang materinya disiapkan oleh Dinas Dikbud Kota Bengkulu. Kemudian 4 mapel tambahan, meliputi seni budaya, penjaskes/PJKO, keterampilan/TIK, dan prakarya ditetapkan oleh satuan pendidikan atau sekolah masing-masing.

“Persentase untuk soal 7 mapel itu, 75 persen dari Dikbud yang nantinya akan melibatkan guru-guru berpengalaman, dan 25 persen dari kementerian,” kata Huteman yang juga Ketua Ujian Nasional (Unas) Kota Bengkulu usai rapat persiapan UASBN di aula Dikbud Kota Bengkulu, kemarin (12/2).

Lanjutnya, untuk pelaksanaan UASBN seluruh sekolah akan menggunakan sistem Paper Based Test (PBT) atau menggunakan kertas. Nantinya pada masing-masing mapel diujikan terdiri dari soal pilihan ganda dan 5 esai, termasuk soal dengan kriteria Higher Order Thinking Skills (HOTS) didalamnya.

“Dalam 1 hari nanti, ada 2 mapel yang diujikan pada saat UASBN. Rincian jadwalnya masih disusun,” bebernya.

Huteman menambahkan untuk pengawas silang hanya diberlakukan pada saat pelaksanaan Unas pada 22-25 April. Pengawas silang ditentukan oleh Dikbud Kota Bengkulu dengan memperhatikan alamat atau domisili guru tersebut. Para guru ini diletakan pada sekolah dekat dengan rumahnya, tapi bukan di sekolah tempatnya mengajar.

“Kita harapkan kepsek SMP/MTS mulai mempersiapkan ruangan dan fasilitas lainnya terkait ujian,” demikian Huteman. (key)

Berita Lainnya

Pinjaman Dana SMI Terancam Batal

BENGKULU – Usulan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu meminjam dana ke PT Sarana Multi Infasrtuktur (SMI) ...