Rabu , 22 Mei 2019
Home / Metropolis / Vaksin Anti Rabies, Gratis

Vaksin Anti Rabies, Gratis

BENGKULU – Saat ini hewan liar yang menyebarkan rabies masih cukup banyak di Kota Bengkulu. Khususnya jenis anjing liar yang diketahui masih berkeliaran dan mengkhawatirkan masyarakat jika menggigit dan menyebarkan rabies. Untuk itu, pada tahun ini Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu secara berkala akan melakukan penyuntikan pemberian vaksin anti rabies tersebut.

Diutarakan Kadis Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu, Ir. Arif Gunadi bahwa pada tahun ini pihaknya kembali melakukann kegiatan vaksin anti rabies di wilayah Kota Bengkulu. Dijelaskannya, untuk vaksin tersebut akan diberikan oleh petugas dari dinas tersebut yang menyambangi ke rumah pemelihara hewan tersebut. “Untuk program pemberian vaksin anti rabies ini memang petugas kita yang datang, kita lakukan secara rutin,” ujar Arif Gunadi.

Ia memastikan, jika dalam pemberian vaksin anti rabies diberikan secara gratis alias tidak dipungut biaya apapun karena memang sudah masuk dalam program pemerintah. Namun, sayang Arif tak mengingat persis data vaksin yang disebarkan ke masyarakat tersebut, mengingat kemarin dirinya tengah melaksanakan tugas luar. Namun diakuinya sebaran tersebut dilakukan di kecamatan-kecamatan yang ada di Kota Bengkulu.

Diketahui, virus rabies sendiri ditularkan ke manusia melalui gigitan hewan seperti anjing, kucing, kera dan kelelawar. Penyebaran virus ini bisa dilakukan dalam satu gigitan saja. Rabies sering kali pula disebut penyakit anjing gila. Sementara itu, salah seorang warga Kelurahan Surabaya, Agusnan (45) berharap agar pemerintah daerah secara rutin melakukan penyuntikan untuk mengantisipasi penyebaran virus rabies melalui hewan peliharaan tersebut.

“Selain itu, harapan kami juga agar masyarakat yang memelihara hewan tersebut seperti anjing untuk tidak melepasliarkannya agar tidak menggigit masyarakat,” sampai  Agusnan. (zie)

Berita Lainnya

Kakanwil Pertahanan Ingatkan Tingkatkan Nasionalisme untuk Keutuhan NKRI

BENGKULU – Selasa (21/5) siang, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan RI, Kolonel Inf. Sarjono didampingi ...

error: Content is protected !!