Minggu , 24 Februari 2019
Home / Metropolis / 11 Anggota TPHD Dibiayai Pemprov

11 Anggota TPHD Dibiayai Pemprov

BENGKULU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu menyiapkan anggaran untuk 11 orang anggota Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) tahun ini. Meliputi 3 kategori, yaitu 4 orang untuk anggota pelayanan umum, 4 orang pembimbing ibadah, dan 3 orang tenaga kesehatan.

Kasubag Kerukunan Umat Beragama Biro Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Bukhari Mustafa, S.Ag mengatakan untuk menjadi anggota TPHD harus mengikuti seleksi, dan lulus tahapan seleksi. Seperti seleksi administrasi, tertulis, wawancara hingga kesehatan jiwa yang akan dilaksanakan oleh Tim Seleksi (timsel) THDP Provinsi Bengkulu. Peserta seleksi terbuka bagi masyarakat 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu.

“Ditargetkan akhir Februari ini timsel TPHD sudah terbentuk. Agar Maret sudah pelaksanaan tahapan seleksi TPHD,” ujar Bukhari.

Timsel nantinya terdiri dari unsur pemerintahan yaitu diketuai langsung oleh asisten 1 Hamka Sabri, kabag kesra, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Bengkulu, Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu, dan kesehatan. Setelah timsel TPHD terbentuk, terangnya, selanjutnya timsel akan menyusun persyaratan, dan jadwal tahapan pelaksanaan seleksi TPHD.

“Untuk jadwal, persyaratan lebih rinci serta teknis pelaksanaan tahapan seleksi nanti akan dibahas kembali oleh timsel yang sudah dibentuk,” bebernya. Lantaran ada 3 kategori kriteria untuk petugas TPHD, lanjutnya, maka peserta seleksi bisa memilih diantara 3 kategori tersebut sesuai kemampuannya masing-masing. Menjadi TPHD sebagai pelayanan umum, pembimbing ibadah atau tenaga kesehatan dengan masing-masing kriteria persyaratan.

“Untuk tenaga kesehatan tentu yang harus paham dan mengetahui ilmu kesehatan, seperti memiliki latar belakang perawat atau dokter,” jelasnya.

Bukhari menambahkan, kuota resmi untuk TPHD Provinsi Bengkulu dari Kemenag RI memang belum turun. Namun bila mengacu dari tahun-tahun sebelumnya, maka pemprov menyiapkan anggaran untuk 11 anggota THPD pada APBD 2019. Bila terpilih maka biaya keberangkatannya TPHD ini akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerinah provinsi. “Sepertinya masih kuota lama ada 11 TPHD. Kalau nanti dapat tambahan, tergantung kebijakan pimpinan,” demikian Bukhari. (key)

Berita Lainnya

Minim Tempat Penampungan Sampah

BENGKULU – Penumpukan sampah liar di Kota Bengkulu sangat sulit diatasi. Beberapa median jalan, terlihat ...