Kamis , 27 Juni 2019
Home / Daerah / Curup Pos / 16 SKK Tuntaskan TGR Rp 3,6 miliar

16 SKK Tuntaskan TGR Rp 3,6 miliar

CURUP – Setelah hampir menuntaskan penagihan Tuntutan Ganti Rugi (TGR) Tahun Anggaran (TA) 2016, Kejaksaan Negeri (Kejari) Rejang Lebong (RL) saat ini sedang menyiapkan untuk penyelesaian TGR potensi kerugian negara hasil temuan BPK TA 2017. Bahkan mereka sudah menyiapkan untuk menetapkan usulan penunjukan Jaksa Pengacara Negara (JPN) sebanyak 16 Surat Kuasa Khusus (SKK).

Ini disampaikan Kajari RL Edi Utama, SH, MH melalui Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Lucky S. Marigo kemarin kepada RB. Bahkan saat ini proses dan penelitian berkas TGR dari Pemkab RL sudah mulai berjalan. ‘’Untuk rencana penagihan atau penyelesaian TGR 2017 kemungkinan nantinya ada 16 SKK kepada JPN Kejari RL,’’ terang Lucky.

Kalau sudah ada penunjukan JPN, sambung Lucky, makany dilakukan terlebih dahulu penelitian berkas TGR. Selanjutnya, mereka membuat undangan pemanggilan dan penyusunan jadwal terhadap pihak yang memiliki TGR. Dari berkas yang sudah mereka terima, mayoritas TGR tahun 2017 merupakan hasil audit BPK pada kegiatan pembangunan fisik di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemkab RL.

‘’Kalau rinciannya saya belum bisa sampaikan secara detail, tapi total keseluruhan TGR tahun 2017 mencapai Rp 5,7 miliar. Namun baru terselesaikan Rp 2,076 miliar dan sisanya yang akan kita tagih mencapai Rp 3,6 miliar. TGR total dari 6 temuan hasil audit BPK dan terbagi dalam beberapa item yang mayoritas merupakan TGR dari pelaksanaan kegiatan fisik,’’ sambung Lucky.

Ditambahkan Lucky, adapun temuan tersebut diantaranya realisasi perjalanan dinas yang terindikasi tidak sesuai nyatanya. Lalu kelebihan belanja modal dan denda keterlambatan yang belum dikembalikan. Ada juga temuan terkait kelebihan pembayaran gaji untuk PNS yang telah pensiun. Termasuk temuan kesalahan jumlah pembayaran pada penyedia barang/jasa. ‘’Target kita, dalam bulan ini semuanya siap dan Maret JPN sudah mulai melakukan pemanggilan untuk proses penagihan TGR,’’ imbuh Lucky.(dtk)

Berita Lainnya

Perbaiki Irigasi Rusak Berat!

SELUPU REJANG – Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan ...

error: Content is protected !!