Jumat , 18 Oktober 2019
Home / Daerah / Lebong / 9 OPD 4 Kelurahan Belum Input SIRUP

9 OPD 4 Kelurahan Belum Input SIRUP

PELABAI – Dari 38 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 11 kelurahan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, 9 OPD dan 4 kelurahan diantaranya hingga kemarin (13/2) belum menginput Rencana Umum Pengadaan (RUP) ke Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP). Sedangkan 14 OPD dan 4 kelurahan lainnya sudah input RUP dan dinyatakan lengkap.

Sisanya, 14 OPD dan 2 kelurahan RUP nya dinyatakan belum lengkap karena kekurangan data input serta 1 OPD dan 1 kelurahan kelebihan data input.  ‘’Kami harap kepada OPD yang sama sekali belum input RUP segera melimpahkan data RUP ke ULP (unit layanan pengadaan, red) agar bisa diproses. Kami juga sudah menyampaikan ke Pak Bupati terkait identitas OPD yang belum input RUP,’’ kata Kepala Bagian Layanan Pengadaan, Sekretariat Kabupaten (Setkab) Lebong, Syarifuddin, S.Sos, M.Si.

Tidak dipungkirinya, OPD yang belum juga menginput RUP itu seharusnya diberikan sanksi mengingat ULP sudah memberikan batas akhir penginputan RUP Kamis (31/1). Namun soal sanksi sepenuhnya diserahkan ke bupati untuk memutuskan.

Namun dipastikannya, ulah beberapa OPD yang belum input RUP itu jelas akan berpengaruh terhadap pelaksanaan kegiatan dan pelaporan realisasi anggaran kegiatan kabupaten. ‘’Total pagu pengadaan barang dan jasa yang harus ditayangkan RUP nya mencapai Rp 367,4 miliar. Namun yang sudah diinput ke SIRUP baru Rp 189,3 miliar. Rinciannya, pengadaan yang harus melalui penyedia atau lelang Rp 84,1 miliar dan swakelola Rp 105,1 miliar,’’ terang

Ditambahkannya, seluruh anggaran OPD yang sudah dialokasi dalam APBD secara keseluruhan harus dimasukkan ke SIRUP. Baik angaran rutin maupun anggaran kegiatan yang dilaksanakan melalui tahapan lelang atau penunjukan langsung.

Penayangan RUP itu sesuai amanah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Presiden 70 Tahun 2012 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.(sca)

Grafis

OPD dan Kelurahan Belum Input RUP 2019

  1. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud)
  2. Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB)
  3. Dinas Ketahanan Pangan (DKP)
  4. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora)
  5. Dinas Partanian dan Perikanan (Disperkan)
  6. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)
  7. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)
  8. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)
  9. Kecamatan Rimbo Pengadang.
  10. Kelurahan Taba Anyar
  11. Kelurahan Tes
  12. Kelurahan Embong Panjang
  13. Kelurahan Amen

Berita Lainnya

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tolak Usulan Kelola Hutan Adat

PELABAI – Usulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengelola lebih 10 ...

error: Content is protected !!