Sabtu , 21 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Bangun Dua Jaringan Irigasi

Bangun Dua Jaringan Irigasi

TAK MAKSIMAL: Minimnya infrastruktur irigasi menyebabkan pengairan lahan persawahan belum bisa maksimal.

BENTENG – Dinas PUPR Benteng tahun ini akan membangun dan meningkatkan dua jaringan irigasi besar. Yakni jaringan irigasi Air Bengkulu di Dusun Jambu, dan irigasi dari Air Rindu Hati menuju lahan persawahan Lubuk Serigo di wilayah Kecamatan Taba Penanjung dan Karang Tinggi.

Kadis PUPR Benteng, Rachmat Riyanto MT menjelaskan irigasi sangat diperlukan karena luas lahan di Benteng masih belum maksimal penggarapannya karena terkendala minimnya irigasi. “Kami tingkatkan dan perbaiki supaya bisa mengalirkan air ke semua lahan persawahan,” jelasnya.

Rachmat mengatakan untuk pembangunannya tidak bisa dilakukan serentak. Semua dilakukan secara bertahap karena terkendala dengan anggaran. Selain itu pembangunan infrastruktur lainnya juga masuk dalam skala prioritas. Untuk jumlah anggaran tahun ini yang dipersiapkan di dua titik irigasi tersebut sekitar Rp 2 miliar. Pembangunan dilakukan bertahap setiap tahun anggaran baru.

Terpisah, Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian dan Peternakan Benteng, Hendra Putra Kelana S.Sos menerangkan pembangunan beberapa sarana pendukung pertanian seperti irigasi memang sangat diperlukan. Pasokan air melalui irigasi akan sangat membantu petani untuk bisa melakukan penanaman padi lebih dari satu kali dalam setahun. Selama ini lahan pertanian di Benteng terkendala irigasi hingga tidak bisa maksimal untuk digarap.(vla)

Berita Lainnya

177 Petugas Siaga Karhutla

BENTENG – Sebanyak 177 petugas dari Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Benteng ditugaskan mengantisipasi ...

error: Content is protected !!