Sabtu , 16 Februari 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Bangun Ruman Aman

Bangun Ruman Aman

BENTENG – Untuk mencegah terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Bencana (DPAPPKB) Benteng meminta kepada setiap desa untuk mendirikan rumah aman bagi masyarakat. Tujuannya adalah sebagai tempat pengaduan dan  pelayanan apabila ada masalah yang menyangkut KDRT. Rumah ini juga bisa dijadikan sebagai posko untuk membentuk kader PPA di setiap desa.

Kadis DPAPPKB Benteng, Sri Haryati Prasetia S.STP menjelaskan untuk di Kabupaten Benteng hendaknya bisa terbentuk di setiap desa. “Ada 142  desa dan 1 kelurahan,” ujarnya.

Dijelaskannya, hal ini sebenarnya sudah disosialisasikan dan diatur dalam Permendes PDTT dan masuk dalam anggaran Dana Desa (DD) tahun 2019. “Semua kades telah diberikan pemahaman untuk perlindungan bagi kaum perempuan dan anak,” ujarnya.

Ia menambahkan meskipun Benteng termasuk daerah yang minim kasus KDRT, namun setidaknya bisa menjadi antisipasi agar KDRT dan sejenisnya tidak terjadi. Rumah aman bisa menjadi sarana sosialisasi yang tepat, karena bisa menjadi tempat berkumpul bagi masyarakat. “Jika setiap desa memiliki rumah aman, maka tingkat silaturahmi akan lebih meningkat lagi melalui kegiatan yang dilaksanakan di rumah aman,” paparnya.(vla)

Berita Lainnya

Siapkan Musdes

BENTENG – Bagian pemerintahan sedang menyiapkan musyawarah desa (musdes) di Desa Karang Tinggi, Taba Mutung ...

error: Content is protected !!