Sabtu , 16 Februari 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Belasan Mobnas Siap Dibagikan

Belasan Mobnas Siap Dibagikan

MOBNAS: Tampak belasan mobnas baru siap dibagikan Pemkab kepada pejabat.

MUKOMUKO –Penggunaan mobil dinas (Mobnas) jenis double kabin untuk Mobnas kepala kadis (Kadis) atau pejabat eselon II/B belum penuhi ketentuan. Ini diungkapkan Sekretaris Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko, Kasimin, SH.

Dikatakan, kalau merujuk dengan Peraturan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) No. 76/PMK.06/2015 tentang Standar Barang dan Standar Barang Milik Negara Berupa Alat Angkutan Darat Dinas Operasional Jabatan Dalam Negeri, bahwa pejabat eselon IIb mestinya menggunakan Mobnas jenis SUV dengan kapasitas mesin 2.000 CC.

Faktanya Mobnas jenis double kabin yang ada sekarang ini, kapasitas mesin yang dipakai itu, jauh lebih tinggi dari ketentuan yang sudah diatur oleh pemerintah. Karena, kata Kasimin, Pemkab kembali membeli sejumlah mobnas.

‘’Idealnya mobil kadis jenis minibus, bukan Toyota Hilux. Dari data kita, ada sekitar 10 kepala dinas atau pejabat eselon IIb Pemkab Mukomuko yang masih pakai Mobnas jenis Toyota Hilux Pick Up Double Cabin,” ujarnya.

Lanjut Kasimin, pihak BKD telah mengadakan belasan Mobnas jenis minibus. Terdiri 10 unit Mobnas jenis Toyota Innova, dan 6 unit lagi Mobnas jenis Toyota Avanza keluaran terbaru. Sejumlah mobil dinas itu diprioritaskan untuk mengganti Mobnas Kadis yang masih menggunakan Mobnas jenis double cabin.

“Mobnas yang baru itu sudah didatangkan dari pihak penyedia. Namun belum kita bagi. Nanti ada SK pak Bupati, terkait penempatan penggunaan mobnas baru tersebut,” jelas Kasimin.

Kasimin menambahkan, untuk kendaraan dinas jenis Hilux double cabin yang sudah ada kemungkinan akan diberikan ke organisasi perangkat daerah (OPD) yang membutuhkan. Tentu bukan untuk kendaraan dinas kepala dinas.

‘’Untuk Mobnas Hilux eks penggunaan Kadis nanti, akan dilihat dinas mana yang membutuhkan. Kemungkinan besar statusnya nanti bukan kendaraan dinas kepala dinas. Tapi kendaraan operasional dinas,” ujar Kasimin.(hue)

Berita Lainnya

2.000 Lebih Massa Ikut Jalan Santai

MUKOMUKO – Sekitar 2.000 lebih masyarakat Kabupaten Mukomuko tumpah ruah padati jalan protokol ibukota Kabupaten ...

error: Content is protected !!