Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Daerah / Lebong / Infrastruktur Dominasi Musrenbang 3 Kecamatan

Infrastruktur Dominasi Musrenbang 3 Kecamatan

PELABAI – Tiga dari 12 kecamatan se Kabupaten Lebong sudah melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Masing-masing, Kecamatan Lebong Utara, Kecamatan Topos dan Kecamatan Lebong Sakti. ‘’Dari hasil musrenbang di tiga kecamatan itu, usulan yang masuk masih didominasi peningkatan infrastruktur,’’ ujar Kabid Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebong, Partono, SE.

Usulan yang masuk dalam musrenbang di 3 kecamatan itu mencapai 58 usulan. Rata-rata setiap desa dan kelurahan mengusulkan 1 sampai 3 usulan. Namun usulan yang paling banyak meliputi pembangunan jalan, beronjong, Jalan Usaha Tani (JUT) dan pembangunan saluran irigasi.

‘’Seluruh usulan yang disampaikan melalui musrenbang tingkat kecamatan akan dipilah sesuai kewenangan sebelum ditindaklanjuti,’’ terang Partono.

Maksudnya, Bappeda akan merincikan mana usulan yang menjadi kewenangan pemerintah desa (pemdes), pemerintah kabupaten (pemkab) dan kewenangan pemerintah provinsi (pemprov). Dari 58 usulan itu, hampir 70 persen masuk kategori kebutuhan masyarakat desa yang implementasinya lebih tepat diakomodir melalui Dana Desa (DD).

‘’Seharusnya usulan yang disampaikan paling tidak bersifat lebih luas untuk jangakauannya. Misalnya pembangunan yang dampak positifnya dirasakan masyarakat antar desa,’’ ungkap Partono.

Untuk pelaksanaan musrenbang di 9 kecamatan lain sudah dijadwal mulai hari ini hingga Selasa (26/2). Masing-masing Kecamatan Lebong Selatan, Kecamatan Rimbo Pengadang, Kecamatan Pinang Belapis, Kecamatan Lebong Atas, Kecamatan Pelabai, Kecamatan Lebong Tengah, Kecamatan Uram Jaya, Kecamatan Amen dan Kecamatan Bingin Kuning.(sca)

Berita Lainnya

Fortuner Ketua DPRD“Raib”, Batal Lelang

PELABAI – Jumlah mobil dinas (mobnas) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong yang dilelang kembali berkurang. ...

error: Content is protected !!