Selasa , 18 Juni 2019
Home / Pemilu / Kenalkan Surat Suara ke Siswa SLB

Kenalkan Surat Suara ke Siswa SLB

SOSIALISASI: KPU Kota Bengkulu saat sosialisasi pemilu ke siswa SLBN Kota Bengkulu.

BENGKULU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu mengenalkan jenis-jenis surat suara ke pemilih pemula berkebutuhan khusus (disabilitas), kemarin (13/2). Sasarannya siswa Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kota Bengkulu yang terletak di Kelurahan Kebun Tebeng. Sebanyak 60 siswa SLBN yang punya hak suara mengikuti sosialisasi tersebut.

Ketua KPU Kota Bengkulu Zaini, S.Ag menerangkan sosialisasi langsung ke basis-basis pemilih ini dilaksanakan hingga memasuki masa tenang Pemilu 2019. Selain ke SLBN, KPU Kota juga menggelar sosialisasi ke basis pemilih pemula di SMAN 3 BS. Tujuan dari sosialisasi ini sendiri untuk menyampaikan informasi pemilu, dan menambah partisipasi.

“KPU mengenalkan contoh surat suara, mulai dari jumlahnya ada 5 surat suara beserta perbedaannya, serta bagaimana cara memilih,” ujar Zaini.

Lanjutnya, perbedaan 5 surat suara ada pada warna dan peruntukannya. Warna surat suara abu-abu untuk pemilihan presiden, kuning itu untuk DPR RI, warna biru untuk DPRD provinsi dan hijau itu untuk pemilihan DPRD kabupaten/kota. Dengan sosialisasi ini nantinya diharapkan pemilih pemula baik siswa SMA sederajat maupun pemilih pemula penyandang disabilitas, ikut berpartisipasi menggunakan hak suaranya pada Pemilu 17 April 2019.

“Nanti kita akan agendakan juga sosialisasi sekaligus praktik cara memilih untuk pemilih pemula. Praktiknya saat mau dekat-dekat dengan agenda pelaksanaan pemilu nanti,” jelasnya.(key)

Berita Lainnya

Anggaran KPU Minim

SELUMA – Sidang lanjutan perkara penggelembungan suara yang dilakukan tiga terdakwa anggota Panitia Pemilihan Kecamatan ...

error: Content is protected !!