Rabu , 21 Agustus 2019
Home / Daerah / Seluma / Mobil Bumdes, Tidak Boleh Dikuasai Kades

Mobil Bumdes, Tidak Boleh Dikuasai Kades

SELUMA – Mobil bantuan dari Kemendes dan PDT untuk masing-masing desa di Kabupaten Seluma, semata-mata diperuntukkan untuk menunjang operasional Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).  Artinya mobil tersebut harus dipegang oleh Ketua Bumdes dan digunakan sepenuhnya untuk keperluan Bumdes.

‘’Jadi kades tidak ada hak untuk menguasai mobil tersebut. Sepenuhnya mobil itu adalah hak Bumdes untuk operasional kegiatan Bumdes,’’ tegas Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Seluma, Erlan Suandi, S.IP, M.AP mengingatkan kepala desa (kades) se Kabupaten Seluma.

Dijelaskan Erlan, mobil tersebut dapat digunakan oleh Bumdes untuk semua keperluan pengembangan ataupun pemasaran usaha yang dikelola. ‘’Boleh dipinjampakaikan tapi sistem sewa,  uang masuk ke kas Bumdes,’’ terang Erlan.

Lanjutnya, tujuan pemerintah memberikan bantuan mobil untuk Bumdes ini adalah untuk memajukan Bumdes yang merupakan sumber Pendapatan Asli Desa (PADes). Unit usaha yang dikelola oleh Bumdes merupakan produk lokal milik desa yang berpotensi untuk dikembangkan dan dipasarkan.

‘’Jika dikelola dengan baik, Bumdes akan menjadi sumber PADes yang menjanjikan bagi desa. Oleh karena itu, kelola Bumdes ini dengan baik termasuk administrasi dan keuangannya,’’ imbuh Erlan.

Untuk mencegah penyalagunaan mobil Bumdes Erlan mengharapkan pengawasan dari masyarakat. Bila melihat mobil tersebut disalahgunakan, harap lapor ke Disperkim untuk dapat ditindaklanjuti.

‘’Kita ingin mobil ini sesuai dengan peruntukannya, jadi jika disalahgunakan tidak menutup kemungkinan mobil tersebut akan kita tarik,’’ sampai Erlan.

Sambungnya, mobil tersebut tetap optimal digunakan agar rutin dilakukan perawatannya sesuai dengan petunjuk servis. ‘’Termasuk juga untuk rutin membayar pajaknya. Jangan sampai menunggak, apalagi sampai mobil tersebut rusak dan tidak dapat digunakan lagi,’’ demikian Erlan.(aba)

Berita Lainnya

Pelayanan DPMPTSP Terancam Lumpuh

SELUMA – Kebijakan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) mencoret semua anggaran yang diajukan oleh Dinas ...

error: Content is protected !!